Menolak Lupa, Piaggio Pernah Luncurkan Microcar Vespa 400 Saingi Fiat

Menolak Lupa, Piaggio Pernah Luncurkan Microcar Vespa 400 Saingi Fiat

RADARPENA.CO.ID - Nama Vespa mungkin identik dengan merk skuter asal Italia yang tak hanya populer di Eropa, namun juga kesohor hingga ke Tanah Air. Namun, siapa sangka ternyata Vespa juga pernah menjadi brand kendaraan roda empat, yang berdesain unik dan mungil.

Kendaraan roda empat yang dinamakan Vespa 400 ini merupakan sebuah microcar (mobil mikro) yang dirancang oleh Piaggio dan diproduksi di Prancis oleh anak perusahaan mereka, ACMA, mulai tahun 1958 hingga 1964. Ada tiga versi berbeda dijual, "Luxe", "Tourisme" dan "GT".

Microcars memang memiliki status khusus dalam sejarah otomotif dunia. Sebagian besar dari mereka dibangun selama krisis ekonomi akibat Perang Dunia II di Eropa, dan mereka menjadi alternatif kendaraan paling terjangkau bagi sebagian besar masyarakat di Eropa kala itu. Desain microcars didasari pada tiga hal: harga yang murah, fungsionalitas, dan kesederhanaan.

Pada awal tahun lima puluhan, Piaggio mulai mengembangkan mobil mikro yang menggunakan mesin skuter mereka, dengan mengacu pada produsen lain seperti Iso, Siata, BMW dan Zündapp yang telah bereksperimen dan menuai beberapa keberhasilan sebelumnya. Pada tahun 1956, prototipe mobil Piaggio pun hampir selesai.

Mobil tersebut melakukan debut publiknya yang terkenal pada tanggal 26 September 1957 pada presentasi pers yang dipentaskan di Monaco.

BACA JUGA:

Vespa 400 kemudian ditampilkan perdana di ajang Paris Auto Salon 1958, dimana mobil mungil ini menuai banyak pujian dari publik otomotif di kala itu. Kesuksesan inipun membuahkan hasil: dalam beberapa bulan setelah debut publiknya, Vespa 400 memperoleh sekitar 20.000 pemesanan dari berbagai penjuru Eropa.

Vespa 400 dengan Atap Kain Tarik

Seperti Simca untuk FIAT, ACMA mewakili taktik Piaggio untuk menghindari tingginya biaya perakitan mobil di masa itu. Enrico Piaggio juga memutuskan untuk membangun line up microcars-nya di Perancis, dan tidak mengimpornya ke Italia, untuk menghindari perseteruan dengan FIAT.

Mobil mungil yang nyaman dan stylish ini sontak menjadi populer terutama di kalangan kaum wanita. Dengan desainnya yang ‘imut’, kemudahan kendali, pemanas kabin, serta atap kain cabriolet yang dapat dibuka dan dapat digulung kembali dari rel header kaca depan ke bagian atas penutup mesin belakang meninggalkan sisi logam konvensional di atas pintu.  

Dengan dua tempat duduk dengan ruang di belakang kursi untuk menampung bagasi atau dua anak kecil di atas bantal opsional.membuat Vespa 400 menjadi salah satu microcar idaman di akhir 1950-an di daratan Eropa.

BACA JUGA:

Vespa 400 Sesi Pengujian

Dibekali mesin belakang dua silinder berkapasitas 393 cc, majalah British Motor menguji sedan 400 de luxe pada tahun 1959 yang mencatat kecepatan tertinggi 51,8 mph (83,4 km/jam) dan akselerasi dari 0-40 mph (64 km/jam) dalam 23,0 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: