Mengenal Bipolar Disorder Dan Cara Pengobatannya, Orang Tua dan Kaum Remaja Wajib Tau!

Mengenal Bipolar Disorder Dan Cara Pengobatannya, Orang Tua dan Kaum Remaja Wajib Tau!

RADARPENA.CO.ID - Bipolar Disorder atau gangguan bipolar adalah kondisi kejiwaan kompleks yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Sebelumnya dikenal sebagai penyakit maniak-depresif, gangguan ini ditandai dengan perubahan suasana hati yang ekstrem, naik-turun antara episode manik dan depresi.

Orang yang mengalami bipolar disorder seringkali kesulitan mempertahankan stabilitas emosional, yang mempengaruhi hubungan pribadi, karier, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Dalam artikel RadarPena hari ini, kita akan mempelajari lebih lanjut tentang penyebab, gejala, dan opsi pengobatan yang tersedia untuk Bipolar Disorder atau Gangguan Bipolar.

 

Pemahaman Bipolar Disorder

Bipolar Disorder diduga disebabkan oleh beberapa kombinasi sebagai berikut :

  1. Faktor genetik, biologis, dan lingkungan. Meskipun penyebab pastinya masih belum diketahui, peneliti telah mengidentifikasi beberapa faktor risiko potensial, seperti riwayat keluarga yang menderita gangguan ini, ketidakseimbangan kimia di otak, dan stres kehidupan.

  2. Trauma masa kecil yang terpendam, seperti kekerasan fisik, kekerasan seksual, kehilangan orang terkasih, dan tragedi lainnya.

  3. Peristiwa yang menyebabkan stres sehari-hari, galau, patah hati, pemutusan kerja, tekanan dari orang dan lingkungan sekitar, bahkan pernikahan.

  4. Lingkungan sosial keluarga memicu gangguan bipolar.

  5. Alkohol dan obat-obatan.

 

BACA JUGA:

 

Bipolar disorder adalah gangguan jiwa yang umumnya mempengaruhi mood atau suasana hati. Dari kata bi (dua) dan polar (berlawanan), penderitanya dengan mudah berada pada episode manik dan depresif. 

 

  1. Episode manik, artinya penderita sedang memiliki mood yang tinggi. Misalnya perasaan lebih humoris, lebih bersemangat, lebih cerdas, paling semangat.

  2. Episode depresif, yaitu perasaan rendah diri yang amat sangat, sehingga dirinya merasa tidak berharga.

 

Di tahun 2016 WHO mencatat terdapat 60 juta penderita bipolar di dunia, dan  terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Lebih seriusnya lagi berdasarkan Data Institute for Health Metrics and Evaluation pada tahun 2017 Indonesia masuk dalam peringkat kelima terbesar di dunia. 

Rentang usia Bipolar Disorder berkisar antara masa kanak-kanak sampai pada usia 50 tahun dengan rata-rata yang berrada pada usia sekitar 21 tahun. Hal ini karena Bipolar Disorder pada umumnya terjadi pada kondisi mental dan psikis seseorang yang sangat rentan pada masa remaja.

 

Gejala Bipolar Disorder Berdasarkan Mood yang Dimiliki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: