Apa Itu Mobil Hybrid? Inilah Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

Apa Itu Mobil Hybrid? Inilah Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

Mesin bensin dan motor listrik memiliki kopling yang saling terkait sehingga keduanya dapat bekerja sama untuk menggerakkan roda pada kondisi yang berbeda.

2. Hybrid Seri

Jenis ini menggunakan mesin bensin untuk menggerakkan generator, yang mengubah energi kinetik menjadi energi listrik, yang kemudian digunakan untuk menggerakkan motor listrik dan roda pada kendaraan. 

BACA JUGA:

Mesin bensin dan motor listrik pada jenis hybrid ini tidak terkait satu sama lain, sehingga mesin bensin tidak langsung menggerakkan roda kendaraan.

3. Motor/Millik Hybrid

Jenis ini bekerja dengan menggabungkan mesin bensin dan motor listrik yang terpisah. Mesin listrik hanya menggerakkan roda kendaraan, sementara mesin bensin bekerja sebagai generator untuk mengisi ulang baterai.

Cara Kerja Mobil Hybrid

Singkatnya, mobil hybrid bekerja dengan menggunakan kedua sumber energi secara bersamaan untuk menggerakkan kendaraan. 

Ketika mobil hybrid dihidupkan, konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan seluruhnya tergantung pada persentase penggerak yang dibutuhkan oleh motor bensin dan motor listrik.

Pada kecepatan rendah, seperti dalam kondisi stop and go di jalan raya, motor listrik akan menjadi penggerak utama kendaraan. 

Pada kecepatan yang lebih tinggi, mesin bensin akan terus bekerja dan motor listrik hanya digunakan sebagai penambah daya.

BACA JUGA:

Selain itu, mobil hybrid memiliki sistem regenerasi energi, yang memungkinkan pengisian daya yang dihabiskan pada baterai motor listrik saat pengereman atau melambatkan laju kendaraan. 

Hal ini membuat mobil hybrid lebih efisien dan ramah lingkungan karena energi yang dihasilkan kembali dapat digunakan untuk menggerakkan mobil pada saat berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: