Simak Cara Ini Untuk Menonaktifkan Akun Google Sementara Dan Permanen Dengan Mudah!

Simak Cara Ini Untuk Menonaktifkan Akun Google Sementara Dan Permanen Dengan Mudah!

RADARPENA.CO.ID - Menonaktifkan akun Google dapat dilakukan dengan mudah, hal ini dilakukan untuk menghapus akun yang sudah tidak digunakan kembali, terutama pada akun Google Mail. Seringkali kita mempunyai terlalu banyak akun Google yang terpasang di ponsel atau PC sehingga yang tidak terpakai itu harus dihapus. 

Sebab, bila seseorang mempunyai beberapa email sekaligus di satu ponsel, maka bisa terlalu berat dan sering kali kita salah login ke email yang tidak terlalu diprioritaskan dan mengharuskan kita untuk kerja dua kali untuk logout dan login.

Penghapusan akun ini juga untuk mengurangi berbagai email spam atau menerima berbagai pesan yang mengganggu. 

Namun demikian, ada opsi lain ketika Anda hanya ingin . Sehingga Anda bisa mengakses beberapa layanan Google, kecuali Gmail.

Berikut ini cara nonaktifkan akun Google yang ternyata sangat mudah dilakukan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA:

Cara Menghapus Akun Google

Cara Pertama

  1. Buka terlebih dahulu menu pengaturan yang terdapat di ponsel kamu.  
  2. Lalu, pilih “Accounts” atau “Akun” kemudian pilih Google. Dalam menu ini, kamu akan melihat beberapa akun yang login di ponsel tersebut.  
  3. Kamu bisa memilih akun yang akan dihapus. Kemudian, pilih “Remove Account” atau “Hapus Akun”. Menu hapus tersebut biasanya akan terlihat bila kamu sudah klik ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan.  
  4. Kini, akun Google kamu sudah terhapus dari perangkat tersebut. Tapi cara ini tak menghapus akun secara permanen, hanya menghapus pada perangkat ini saja.  

 

Cara Kedua 

  1. Buka aplikasi Google main di ponsel atau tablet kamu.  
  2. Kemudian klik ikon strip tiga yang ada di pojok kiri.  
  3. Pada bagian informasi email, klik nama email yang akan kamu keluarkan.  
  4. Lalu, pilih “manage account”. 
  5. Kemudian masuk ke menu pengaturan akun, dan pilih menu “Google”
  6. Lalu, pilih akun Gmail yang akan kamu hapus dan pilih opsi hapus akun. 

BACA JUGA:

Cara Menghapus Akun Google Permanen 

1. Buka akun Google yang akan dihapus Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pencarian. Disarankan untuk memakai laptop atau komputer untuk mempermudah proses penghapusan akun. Kamu dapat memakai browser Google Chrome, karena lebih mudah dan sederhana.  Buka akun Google kamu dengan cara klik ikon akun yang biasanya ada di kanan atas. Biasanya ikon akun Google berbentuk lingkaran dengan foto profil atau inisial dari akun tersebut. Berikutnya, kamu bisa klik kelola akun Google.  

2. Pilih menu Data & Personalisasi Bila sudah masuk ke dalam akun Google, kamu pasti akan melihat menu “Data & Personalisasi”. Kemudian klik menu itu dan kamu bisa mengontrol aktivitas yang ada di akun tersebut, mulai dari iklan, histori, dan lain sebagainya.  

3. Klik opsi “Hapus Layanan atau Akun Kamu” Jika sudah kilk Data & Personalisasiu, kemudian gulir ke bawah sampai kamu menemukan menu “Download, hapus, atau buat rencana untuk data kamu”. Kamu bisa masuk ke dalam menu itu, maka kamu bisa klik menu “Hapus Layanan atau Akun”. 

4. Lakukan Penghapusan Akun  Cara menghapus akun Google permanen yang terakhir adalah klik hapus akun kamu yang ada di menu “Hapus Akun Google Kamu”. Setelah itu, akun Google dan juga data-data lain seperti email, foto, atau dokumen akan hilang secara permanen.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: