Beberapa Penyebab sakit Kepala Sebelah Kiri dan Treatment Ringan Mengatasinya

Beberapa Penyebab sakit Kepala Sebelah Kiri dan Treatment Ringan Mengatasinya

Beberapa penyakit pembuluh darah seperti arteritis temporalis atau migrain vaskular dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kiri. Arteritis temporalis adalah peradangan pada pembuluh darah kecil yang memasok darah ke kepala dan leher. Migrain vaskular adalah jenis migrain yang disebabkan oleh gangguan pada pembuluh darah di otak.

 

6.  Faktor Lingkungan 

Faktor lingkungan seperti paparan bau kimia yang kuat, asap rokok, atau sinar matahari yang terik dapat memicu sakit kepala sebelah kiri. Orang-orang yang peka terhadap faktor-faktor ini lebih rentan mengalami sakit kepala.

 

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Mengatasi sakit kepala sebelah kiri tergantung pada penyebabnya. Untuk sakit kepala ringan, bisa mencoba metode seperti :

 

  1. Menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga dan mengonsumsi cukup air putih.

  2. Pijat kepala pelan-pelan.

  3. Atur napas untuk mengatasi sakit kepala sebelah kiri.

  4. Lakukan peregangan sederhana.

  5. Kompres dingin atau hangat.

  6. Istirahat dalam ruangan yang sejuk.

  7. Kurangi asupan kafein, garam, dan alkohol.

  8. Rutin mengonsumsi makanan sehat penambah energi.

  9. Istirahat dengan cukup.

 

Treatmen di atas bisa juga di ikuti dengan relaksasi dengan cara perendaman kaki dalam air hangat, mengompres bagian kepala yang sakit, atau beristirahat sejenak di tempat yang sunyi dan tenang dengan menghirup aromaterapy. 

Jika sakit kepala berkepanjangan atau semakin parah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang sesuai.

Selain itu, menjaga gaya hidup yang sehat juga dapat membantu mencegah sakit kepala sebelah kiri. Hindari terlalu banyak stres, cukupi kebutuhan tidur, rajin berolahraga, jaga pola makan yang seimbang, dan kurangi konsumsi alkohol serta makanan yang bisa memicu migrain seperti cokelat, keju, atau minuman berkafein.

 

Kesimpulannya, sakit kepala sebelah kiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti tegangnya otot-otot di sekitar kepala dan leher, migrain, sinusitis, cluster headache, gangguan pembuluh darah, dan faktor lingkungan. Memahami penyebab sakit kepala sebelah kiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: