Simak Penyebab Serta Cara Mengatasi Migrain

Simak Penyebab Serta Cara Mengatasi Migrain

Migrain - Migrain dipercaya terjadi sebagai akibat dari gabungan berbagai faktor lingkungan dan genetik, serangan Migrain dapat menurunkan kualitas hidup dan memengaruhi produktivitas seseorang

Migrain merupakan sebuah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga sangat berat yang sering kali berhubungan dengan gejala-gejala sistem saraf otonom.

Migrain biasanya sering dirasakan pada satu sisi kepala, tetapi bisa juga menyerang kedua sisi kepala.

Biasanya migrain ditandai dengan sakit kepala unilateral (hanya pada separuh bagian kepala), berdenyut-denyut, dan berlangsung selama 2 hingga 72 jam.

BACA JUGA:

Saat Migrain menyerang, biasanya masyarakat Indonesia mengobatinya dengan mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol, ibuprofen, aspirin, dan naproxen

Penyebab Migrain

  • Anemia dan kekurangan zat besi
  • Gigi berlubang
  • Sedang banyak fikiran yang menimbulkan stress berlebih
  • Saraf mata yang tegang
  • Pola diet
  • Mengalami stres, gelisah berlebihan, terlalu gembira, dan depresi.
  • Efek samping dari konsumsi obat tertentu, misalnya pil KB atau sedang menjalani terapi hormon.
  • Kualitas tidur yang buruk 
  • Adanya pemicu dari lingkungan, seperti paparan asap rokok, aroma parfum yang menyengat, dan penghapus cat.

Cara Mengatasi Migrain

Tidur yang Cukup

Saat migrain menyerang, biasanya disebabkan oleh kurang tidur maka dari itu usahakan agar kamu tidur yang cukup.

Namun tidur yang terlalu lama juga bisa membuat kepala juga menjadi pusing, maka dari itu usahakan untuk tidur yang cukup selama 7 - 8 jam per hari.

Rajin berolahraga 

Untuk menjaga kesehatan tubuh sebaiknya kamu harus rutin berolahraga, sebab dengan berolahraga akan mengurangi ketegangan otot yang bisa mengakibatkan migrain. Kamu bisa berolahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda hingga berenang.

Dengan bergaya hidup yang sehat dapat mencegah penyakit yang akan menyerang tubuh kita, olahraga juga penting untuk mengurangi stres dan juga tubuh akan menjadi sehat.

BACA JUGA:

Mengonsumsi makanan sehat

Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dapat mencegah timbulnya migrain, sebaiknya hindari makanan atau minuman yang berpotensi menyebabkan sakit kepala atau migrain.

Kurangi makan - makanan seperti daging olahan, coklat serta makanan yang asin dan gurih. Sebaiknya kamu makan - makanan yang megandung lemak sehat yang mengandung omega3 seperti ikan salmon, tuna, sarden, dan makarel, serta telur, minyak zaitun, alpukat, bayam, almond dan kenari, dan kedelai.

Menghirup aroma lavender

Dengan menghirup aroma dari lavender yang dapat membuat fikiran dan tubuh menjadi lebih rileks, tak hanya menghirup aroma lavender, kamu juga bisa menghirup minyak esensial yang memiliki aroma lavender serta bisa mengonsumsi teh lavender.

Mengonsumsi jahe hangat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: