25 Ucapan Peringatan G30S PKI Singkat Penuh Makna, Mengenang Tragedi 30 September

25 Ucapan Peringatan G30S PKI Singkat Penuh Makna, Mengenang Tragedi 30 September

RADARPENA.CO.ID - G30S PKI merupakan singkatan dari Gerakan 30 September yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia atau PKI pada tanggal 30 September 1965. 

Gerakan ini terjadi sebagai upaya PKI untuk merebut kekuasaan di Indonesia. Namun, gerakan ini berhasil digagalkan oleh pemerintah dan militer Indonesia yang saat itu dipimpin oleh Jenderal Soeharto yang kemudian menjadi Presiden RI. 

G30S PKI merupakan peristiwa bersejarah di Indonesia, yang sampai saat ini masih menyisakan banyak kontroversi dan tanda tanya.

G30S PKI diawali dengan aksi penculikan dan pembunuhan enam jenderal yang terjadi di Jakarta pada malam 30 September 1965. 

Setelah itu, PKI memproklamasikan revolusi sosial di Indonesia dan menuduh Jenderal Nasution sebagai dalang di balik kudeta yang pernah dilakukan oleh Angkatan Darat pada tahun 1965. 

Namun, tuduhan PKI tersebut tidak terbukti dan dipandang sebagai pembenaran bagi aksi mereka.

BACA JUGA:

Melihat kejadian tersebut, pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Soekarno memberikan kekuasaan kepada Jenderal Soeharto untuk menumpas gerakan PKI. 

Militer Indonesia kemudian melakukan operasi penumpasan yang dikenal dengan sebutan Operasi Tuntas yang berlangsung hingga pada tahun 1966.

Tindakan militer Indonesia untuk menumpas gerakan PKI melahirkan tragedi yang sangat besar. 

Banyak anggota PKI dan simpatisan mereka yang menjadi korban kekerasan yang dilakukan oleh militer dan masyarakat sipil. 

Esimated kurang lebih 500.000 orang tewas dalam tragedi tersebut. Banyak orang yang menjadi korban kekerasan dan tindakan sewenang-wenang yang dilakukan oleh militer dan aparat keamanan. 

Hingga saat ini, tragedi tersebut masih menjadi polemik dan banyak yang meminta keadilan bagi para korban dan keluarga mereka.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: