Masyarakat ,Menamakan Penyakit Asam Lambung Naik atau Penyakit GERD, Cermati Cara Pengobatannya

Masyarakat  ,Menamakan Penyakit   Asam Lambung Naik atau Penyakit GERD, Cermati Cara Pengobatannya

Asam Lambung atau Gerd - Masyarakat awam mengenalnya dengan istilah penyakit asam lambung naik, atau medis mengistilahkan penyakit GERD.

GERD adalah singkatan dari Gastro esophageal Reflux  Diseese (GERD). Penyakit GERD tidak sama dengan penyakit mag, walau penyakit ini sama-sama menyerang bagian pencernaan. 

Pengobatan penyakit Gerd, atau penyakit asam lambung, memiliki tujuan yakni menyembuhkan gangguan yang ada, atau dengan cara mengurangi dan mengatasi gejala-gejala yang timbul dan mencegah terjadinya komplikasi

Penyakit Gerd atau asam lambung  dikutip dari laman primayahospital.com adalah kondisi yang disebabkan adanya aliran balik isi lambung yang menyebabkan gejala yang mengganggu atau komplikasi.

Efek dari penyakit ini adalah, mengakibatkan rasa nyeri di dada yang  disebut heartburn atau dada terbakar.

Nyeri karena penyakit Gerd berbeda dengan nyeri karena penyakit jantung. Nyeri karena penyakit Gerd , dada terasa terbakar.

BACA JUGA:

Gejala klinis penyakit Gerd ialah heartburn, nyeri di dada terasa terbakar, naiknya isi lambung ke mulut, nyeri ulu hati, dan nyeri dada. Bisa juga muncul batuk kronis yang tidak diketahui penyebabnya.

Suara berubah jadi serak, gigi berlubang sampai asma yang tidak jelas pemicunya dan muncul dimalam hari.

Pengobatan penyakit Gerd atau asam lambung, harus ada pemeriksaan lebih seksama.

Akan dilakukan pemeriksaan fisik yang lebih seksama , kepada penderita yang dicurigai mengidap Penyakit Gerd.

Perlu pemeriksaan penunjang seperti laboratorium, rekam jantung, radiologi dada,USG perut untuk menyingkirkan adanya gangguan di jantung paruh atau organ tubuh lainnya.

Perlu dilakukan pemeriksaan endoskopi gastroskopi yang dapat melihat secara langsung adanya kelainan esofagus hingga lambung.

Pengobatan penyakit Gerd selain obat-obatan, juga ada perbaikan pola hidup yang perlu diperhatikan, seperti mengatur pola makan, menghindari makanan yang merangsang seperti pedas, kopi, asam, menghentikan merokok, dan menghentikan konsumsi alkohol, rutin berolah raga dan mengkelola stress dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: