Jokowi Ajak Para Menteri Dan Artis Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Jokowi Ajak Para Menteri Dan Artis Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kereta Cepat Jakarta-Bandung  -  Jokowi mengungkapkan kesan pertamanya menjajal kereta cepat. Dengan kecepatan kereta mencapai 350 kilometer per jam, dia merasa kereta sangat nyaman sampai-sampai dia tidak merasa guncangan yang berarti selama kereta melaju. 

Dia menyebutkan, sebenarnya kecepatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa mencapai 380 km per jam, tetapi agar penumpang nyaman maka kecepatan hanya sampai 350 km per jam.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk pertama kalinya pada hari, Rabu (13/9/2023). Dalam momentum tersebut, ia didampingi sejumlah pejabat pemerintahan dan artis ibu kota.

Perjalanan Presiden dimulai dari Stasiun Halim, Jakarta, pada oukul 09.00 WIB, lalu 28 menit setelahnya sampai di Stasiun Padalarang, Jawa Barat. Kemudian, Presiden meneruskan perjalanannya sampai Stasiun Bandung menggunakan kereta api (KA) Feeder.

BACA JUGA:

Jokowi bercerita, dirinya telah mengunjungi proyek kereta cepat sebanyak empat kali. Namun, baru pada hari ini ia berkesempatan untuk menjajal kereta cepat pertama di Asia Tenggara itu. Menurutnya, perjalanannya terbilang nyaman walaupun kereta melaju dengan sangat cepat.

"Saya empat kali datang ke proyeknya kereta cepat, tapi memang baru pertama kali tadi mencoba. Nyaman, dan pada kecepatan tadi 350 km per jam tidak terasa sama sekali, baik saat duduk maupun saat saya berjalan sehingga ya inilah peradaban," ujarnya saat di Stasiun Padalarang, Bandung Barat, Rabu (13/9/2023).

Adapun dalam perjalanan pada Rabu, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju ikut mendampingi Presiden.

Mereka antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin. 

Selain itu, ada pula para artis dan influencer, antara lain Vino G Bastian, Marsha Timothy, Nirina Zubir, Yuni Shara, Cak Lontong, Armand Maulana, hingga Raffi Ahmad.

Dilansir dari laman resmi Keret Cepat Indonesia China (KCIC), kereta cepat akan menempuh jarak Jakarta-Bandung dalam waktu 36 hingga 44 menit, dengan jarak antara Jakarta menuju Karawang bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 15 menit. 

Kereta cepat akan memiliki tiga kelas, berkapasitas mencapai 601 penmpang dan ruang khusus untuk difabel. Kereta ini juga akan dilengkapi dengan gerbong restorasi atau dining car yang bisa dinikmati para penumpang.

Harga tiket KCJB yang diajukan operator yakni PT Kereta Cepat Indonesia - China (KCIC) senilai Rp 250 ribu termurah, namun hal itu belum termasuk harga tiket kereta feeder dari Padalarang ke Kota Bandung. Nantinya dari Jakarta - Kota Bandung diajukan harga tiket termurah senilai Rp 300 ribu.

Untuk diketahui KCJB memiliki empat stasiun yakni Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, Stasiun Tegalluar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: