Cek Bansos September 2023 : Segera Cek Nama Kamu, Begini Caranya!

Cek Bansos September 2023 : Segera Cek Nama Kamu, Begini Caranya!

Cara Cek Bansos September 2023 - Di bulan September ini pemerintah Indonesia akan mencairkan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Sembako senilai Rp 600.000 untuk periode Juli, Agustus, dan September.

Demi meningkatkan akurasi penyaluran dan efisiensi pelaksanaan Bansos, Maka di bulan september ini pemerintah mengubah skema penyaluran BPNT sembako senilai 600 ribu.

Bagaimana-kah cara mengecek bansos 2023 ini? Ikuti terus pembahasan artikel ini.

Cek Bansos Kemensos sebelumnya penggunaan skema e-warong, kini diganti menjadi penyaluran bentuk uang tunai melalui Bank Himbara.

Para penerima manfaat Bansos Kemensos dapat mencairkan bantuan ini melalui ATM  Bank HIMBARA di rekening masing-masing. Di artikel ini nanti bisa di lihat langkah-langkah untuk melihat apakah kamu termasuk penerima manfaat bansos Kemensos tersebut.

Selain itu penyaluran bantuan BPNT juga dilakukan lewat PT. POS setelah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) memenuhi syarat dan terverifikasi.

KPM memiliki dua pilihan, yakni menerima bantuan berupa uang tunai sebesar Rp400 ribu atau beras subsidi seberat 10 kg ditambah uang tunai Rp200 ribu, yang totalnya mencapai Rp600 ribu. Termasuk bansos yang akan diterimakan pada bulan September 2023 ini.

BACA JUGA:

Cara Cek Penerima Bansos BPNT September 2023

Bagi individu yang ingin memeriksa status sebagai penerima Bantuan BPNT senilai Rp600.000, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

  1. Buka website resmi cekbansos.kemensos.go.id.

  2. Pilih lokasi berdasarkan provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan sesuai dengan informasi di KTP.

  3. Ketikkan nama Anda sesuai dengan informasi di KTP.

  4. Lakukan verifikasi dengan memasukkan kode huruf yang muncul.

  5. Klik 'Cari Data' untuk mengecek status Anda sebagai penerima.

Persyaratan untuk Menerima BPNT

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat menjadi penerima BPNT :

  • Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIK-ng).

  • Tidak menerima gaji minimal Upah Minimum Regional (UMR) sebagai pegawai aktif atau pensiunan.

  • Tidak menjadi pendamping sosial di program tertentu.

  • Berasal dari keluarga tidak mampu, tercatat di desil terbawah data kemiskinan, dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta Kartu Keluarga (KK) yang valid dan terdaftar dalam Dukcapil.

Dalam hal pendataan penerima BANSOS pemerintah juga memahami bahwa teknologi tidak selamanya sempurna. Oleh karena itu, pemerintah juga melakukan verifikasi lapangan dan melakukan cek Bansos untuk memastikan kebenaran data yang diterima dari penerima BANSOS.

Verifikasi lapangan dilakukan dengan melakukan kunjungan ke rumah penerima BANSOS untuk memastikan bahwa mereka benar-benar memenuhi syarat sebagai penerima bantuan.

Proses cek BANSOS Kemensos adalah langkah yang sangat penting untuk memastikan bantuan sosial tepat sasaran. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya potensi penyalahgunaan bantuan oleh pihak yang tidak berhak menerima.

Selain itu, proses ini juga menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, karena mereka akan melihat bahwa bantuan tersebut diberikan secara adil dan transparan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: