Ini Dia Jadwal dan Rute Rekayasa Lalu Lintas Gelaran KTT ASEAN di Jakarta

Ini Dia Jadwal dan Rute Rekayasa Lalu Lintas Gelaran KTT ASEAN di Jakarta

Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN 2023 - Rekayasa lalu lintas diberlakukan di sejumlah ruas jalan di Jakarta, menyesuaikan gelaran KTT ASEAN ke-43. Sistem buka tutup jalur telah diberlakukan sejak 2 September, sementara KTT akan berlangsung hingga 7 September 2023.

Polri mendukung keberhasilan penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN. Hal itu dilakukan dengan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan Jakarta. Strategi ini tentu mengakibatkan banyak warga terganggu kenyamanannya. Karena itu Polri meminta maaf kepada warga terkait hal tersebut. 

Mulai kemarin, Rabu 6 September 2023, rekayasa lalu lintas dilakukan 2 kali, yaitu pagi dan sore nanti.

"Kepada pengguna jalan kami mohon maaf atas pengalihan arus lalu lintas yang dilakukan dalam rangka KTT ASEAN ke-43, tanggal 6 September 2023. Pengalihan arus bersifat situasional," demikian unggahan akun Twitter (X) resmi TMC Polda Metro Jaya.

Hal ini juga ditegaskan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latief Usman mewakili Kasatgas III Walrolakir Brigjen Pol Aan Suhanan menerangkan, aliran lalu arus lintas mulai hari Rabu 6 September 2023 pagi akan dimulai pukul 07.00 - 10.00 WIB. Sedangkan untuk sore harinya saat selesai kegiatan akan dimulai pukul 16.00 - 22.00 WIB.

 

“Mulai hari Rabu, 6 September 2023, Polri memberlakukan Rekayasa Arus Lalu Lintas Pengamanan KTT Asean Jalan Rasuna Said, Gatot Subrot, Sudirman Thamrin dimulai pukul 07.00 - 10.00 WIB,” ucap Kombes Latief, pada Rabu (6/9/2023)

BACA JUGA:

Selain itu, untuk sore harinya rekayasa dimulai pukul 16.00 - 22.00 WIB di Jalan Sudirman-Thamrin, Gatot Subroto, Rasuna Said, dimana jalan itu diprioritaskan untuk tamu negara .

 

“Saya mengimbau masyarakat yang tidak berkepentingan atau WFH tetap berada di rumah untuk mengurangi kepadatan lalu lintas,” kata dia.

 

Berikut ruas jalan di Jakarta yang dilakukan modifikasi selama pelaksanaan KTT ASEAN ke-43 pada 5-7 September 2023:

  • Jalur Arteri dari Pasar Minggu untuk roda 2 diluruskan ke Tebet, sedangkan untuk roda 4 yang akan menuju Kuningan akan dimasukkan ke Tebet 1 dalam tol. Apabila beraktivitas di dalam kota untuk keluar Slipi maupun Tomang.

  • Kemudian dari Tendean yang menuju Jalan Rasuna Said akan dialihkan melalui Santa sampai Permata Hijau lanjut Slipi. Begitu juga yang arahnya dari Jalur Utama Fatmawati, Antasari, Harmoni, Pondok Indah akan diluruskan ke Permata Hijau sampai Slipi.

  • Sementara dari arah barat pagi hari yang melewati Jalan Gatot Subroto menuju Sudirman-Thamrin diputarkan di Tomang maupun Slipi. Untuk roda 4 yang akan ke arah timur tetap dimasukkan melalui Tol Pejompongan maupun Slipi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: