Tanda - Tanda HIV Dilihat Dari Gejala Kondisi Kulit

Tanda - Tanda HIV Dilihat Dari Gejala Kondisi Kulit

HIV - Human Immunodeficiency Virus atau yang biasa dikenal HIV adalah sebuah penyakit yang menyerang imunitas seseorang yang berfungsi untuk melawan benda-benda atau hal asing yang ada pada tubuh kita yang dapat ditularkan akibat hubungan seksual dengan seorang penderita.

Singkat kata, orang yang terjangkit HIV akan kehilangan daya imunitas tubuh.

Imunitas adalah kemampuan tubuh untuk menahan atau menangkal penyakit. 

Seseorang tidak akan sadar secara langsung apabila sedang terkena HIV, gejala HIV sendiri pada biasanya seperti demam, flu, sakit kepala dan tenggorokan.

Selain gejala-gejala tersebut, HIV dapat menimbulkan gejala penyakit pada kulit yang jarang diketahui oleh orang. Biasanya gejala yang timbul pada kulit ini merupakan tanda awal seseorang terkena HIV.

Berikut tanda-tanda kulit orang yang terkena HIV

  • Kutil pada kelamin

Orang yang terkena HIV memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang baik, akhirnya tubuh orang tersebut tidak dapat melawan infeksi yang terjadi pada tubuh, termasuk melawan infeksi Human Papillomavirus (HPV) yang menyebabkan terdapat kutil pada kelamin.

Meskipun kutil kelamin tidak berbahaya namun dapat menyebabkan kanker serviks bahkan anus.

  • Ruam pada tubuh

Orang yang terkena HIV dapat muncul ruam pada tubuhnya 2 hingga 4 minggu setelah terinfeksi HIV. Ruam yang muncul pada penderita HIV biasanya memiliki benjolan kecil pada ruamnya.

Ruam ini biasanya muncul pertatma kali pada bagian tubuh atas seperti dada, punggung, perut hingga pingang lalu menyebar kebagian tangan hingga wajah. Ruam pada penderita HIV biasanya akan terasa gatal dan nyeri.

  • Kudis

Kudis atau scabies biasanya disebabkan oleh oleh tungau scabies yang biasanya muncul di sela-sela jari dan kaki.

Namun yang membedakan kudis pada penderita HIV dan bukan adalah kudis tersebut memiliki kerak-kerak seperti nanah pada lukanya yang tidak dimiliki oleh orang pada umumnya.

Orang yang terkena HIV biasanya akan terserang oleh Folikulitis Eosinofilik yang memiliki singkatan FE. FE adalah suatu kondisi yang mengakibatkan peradangan pada folikel rambut atau tempat rambut tubuh.

Karena pada sela-sela rambut memiliki rongga sehingga sering sekali bakteri atau kuman masuk lewat bagian ini.

  • Prurigo Nodularis

Prurigo Nodularis adalah kondisi kulit dimana terdapat benjolan besar yang disertai oleh rasa gatal yang dapat muncul di bagian leher, bahu, pinggang hingga kaki.

  • Fotodermatitis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: