Miris! 11 Calon Pengantin di Karawang Terkena HIV, Rata-rata Calon Suami

Miris! 11 Calon Pengantin di Karawang Terkena HIV, Rata-rata Calon Suami

HIV dan AIDS.-ilustrasi-berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sebanyak 11 calon pengantin di Kabupaten Karawang, Jawa Barat terdeteksi positif HIV sepanjang tahun 2024. Hal itu diungkapkan oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karawang

Temuan ini menjadi perhatian serius, mengingat pentingnya pemeriksaan kesehatan sebelum memasuki jenjang pernikahan. Staf KPA Karawang, Yana, menuturkan bahwa tahun ini penerapan regulasi terkait pemeriksaan HIV bagi calon pengantin mulai berjalan.  

"Data terakhir, di September 2024 ini ada sebanyak 11 calon pengantin yang terdeteksi HIV, dan itu rata-rata calon suaminya," ungkap Yana melalui sambungan telepon, pada Sabtu, 12 Oktober 2024.

Dengan ditemukannya kasus pada calon pengantin itu, Yana mengimbau agar masyarakat lebih waspada akan penyakit menular ini serta menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan sebelum menikah.

Kemudian, untuk yang memang pernah melakukan hubungan beresiko, diharapkan melakukan pemeriksaan HIV sedini mungkin agar segera ditangani.

BACA JUGA:

"Ini bukan soal ego, tapi demi keselamatan anak dan dirinya sendiri. Kalau pun terdeteksi, itu akan kita obati langsung dengan ARV agar tidak menular," pungkasnya.

Perbedaan HIV dan AIDS

HIV adalah virus yang dapat menyebabkan kondisi yang disebut AIDS atau juga dikenal sebagai HIV stadium 3. Pada suatu waktu, diagnosis HIV atau AIDS dianggap sebagai hukuman mati. 

Berkat penelitian dan pengembangan pengobatan baru, orang dengan HIV pada tahap apa pun saat ini menjalani kehidupan yang panjang dan produktif. Penderita HIV yang mengikuti pengobatan antiretroviral secara teratur dapat berharap untuk hidup dalam rentang hidup yang mendekati normal.

HIV Virus Perusakan Kekebalan Tubuh

HIV adalah virus yang dapat menyebabkan kerusakan sistem kekebalan. Istilah "HIV" adalah singkatan dari human immunodeficiency virus. Nama tersebut menggambarkan virus dan hanya manusia yang dapat tertular. Virus itu menyerang sistem kekebalan. Akibatnya, sistem imun tidak dapat bekerja seefektif yang seharusnya.

BACA JUGA:

Sistem kekebalan kita dapat sepenuhnya menghapus banyak virus dari tubuh kita, tetapi tidak demikian halnya dengan HIV. Namun, pengobatan dapat mengendalikan HIV dengan sangat sukses dengan menghentikan siklus hidup virusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: