Tidak Sempat Melihat Fenomena Blue Moon? Ini Tanggal Perkiraan yang Akan Datang

Tidak Sempat Melihat Fenomena Blue Moon? Ini Tanggal Perkiraan yang Akan Datang

Fenomena Bluemoon - Blue moon adalah suatu istilah yang dipakai untuk menggambarkan fenomena langka ketika ada dua kali purnama (Full Moon) terjadi dalam kurun waktu satu bulan.

Umumnya, bulan memiliki siklus sekitar 29,5 hari, jadi dalam satu bulan hanya ada satu Purnama. Tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi dua purnama dalam satu bulan, kejadian tersebut tidak umum terjadi dan langka ditemukan. Maka dari itu fenomena blue moon ini sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Mengapa disebut blue moon? Kenapa tidak two moon?    

Hanya karna bulan purnama-nya terjadi dua kali bukan berarti namanya two moon ya teman-teman!

Meskipun istilah "Blue Moon" tidak ada kaitan langsung dengan warna bulan. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika bulan akan berubah warna menjadi biru.

Itu karena kondisi langit yang ditutupi asap atau debu sangat mungkin menghamburkan panjang gelombang cahaya merah sehingga menyebabkan Bulan tampak biru.

Sejarah Fenomena Blue Moon

Penggunaan istilah "Blue Moon" untuk menggambarkan fenomena astronomi pertama kali muncul dalam artikel "Once in a Blue Moon" yang ditulis oleh James Hugh Pruett dan diterbitkan di majalah "Sky & Telescope" pada Maret 1946.

Artikel ini menjelaskan pengertian Blue Moon sebagai Purnama kedua dalam satu bulan kalender dengan dua Purnama.

Penggunaan istilah "Blue Moon" merujuk pada dua Purnama dalam satu bulan mulai dikenal secara luas setelah artikel Pruett diterbitkan. Sejak saat itu, istilah ini digunakan dalam konteks astronomi.

Kini, "Blue Moon" adalah istilah yang umum digunakan dalam dunia astronomi untuk menggambarkan fenomena ketika ada dua Purnama dalam satu bulan kalender.

Meskipun sejarahnya telah mengalami perubahan dari arti aslinya, istilah ini tetap merupakan bagian penting dalam budaya dan pengetahuan populer mengenai astronomi.

Tanggal Fenomena Blue Moon Terjadi Lagi

Fenomena Blue Moon akan terjadi pada tanggal 30-31 Agustus 2023. Di Indonesia sendiri, fenomena ini bisa dilihat tepat di akhir bulan yakni hari Kamis, 31 Agustus 2023.

Kamu yang belum sempat melihatnya tahun ini tidak perlu khawatir karena Fenomena Blue Moon akan terjadi kembali sekitar tahun 2026, tepatnya 31 Mei 2026 dan akan kembali terjadi dua tahun setelahnya yakni pada 31 Desember 2028.***(Nadya Azka)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: