Harga Dan Jenis Ikan Arwana Dengan Warna-Warna Mempesona

Harga Dan Jenis Ikan Arwana Dengan Warna-Warna Mempesona

Harga Dan Jenis Ikan Arwana -  Ikan Arwana atau dengan nama latin (familia Osteoglossidae) merupakan ikan air tawar purba yang tersebar di seluruh dunia, mulai dari Afrika, Asia Tenggara, Australia, hingga di Amerika Selatan.

Dalam sebuah studi genetik serta temuan fosil menunjukkan bahwa arwana setidaknya telah hidup di bumi semenjak 220 juta tahun yang lalu. Asia Tenggara bisa dikatakan sebagai salah satu pusat penyebaran arwana terbanyak. 

Bahkan, studi yang dilakukan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, memunculkan fakta baru bahwa jenis ikan Arwana Asia Tenggara juga ternyata terdiri dari beberapa spesies yang berbeda, diantaranya adalah Arwana Hijau, Arwana Emas, Arwana Perak, dan Arwana Merah.

Arwana biasanya lebih suka memangsa hewan-hewan yang termasuk jenis krustasea (udang-udangan), serangga, hingga ikan kecil. Habitatnya banyak ditemui di sungai, danau, dan cekungan.

Harga arwana sangat bervariasi tergantung dari spesies, motif, kumis, dan ukuran tubuhnya. Semakin langka dan besar ukurannya, maka semakin mahal harga ikan arwana

BACA JUGA:

Sebagai contoh, ikan arwana yang cukup populer dimiliki pecinta ikan adalah arwana golden red atau red tail golden (RTG). Harga ikan arwana RTG ini dibanderol di kisaran Rp 2 juta untuk ukuran 12 cm atau harga ikan arwana anakan.

Jenis Ikan Arwana Dengan Harga Relatif Tinggi

Ikan Arwana Red Tail Golden

  • Arwana jenis Red Tail Golden ini memiliki sifat agresif sehingga jenis ikan ini cukup sulit untuk ditangkap. Memiliki ciri khas tubuh berwarna warna biru, hijau, dan keemasan, arwana ini juga memiliki postur fisik yang mencapai 90 cm. Jenis ikan ini biasanya dihargai sekitar Rp 4,5 juta.

Ikan Arwana Papua (Jardini Arowana)

  • Jenis-Jenis Ikan Arwana dan harganya selanjutnya adalah Ikan Arwana Papua atau sering juga disebut dengan Jardini Arowana atau Arwana Australia. Hal ini dikarenakan memang Jenis Ikan Arwana ini sering ditemukan di Papua dan Australia. Tidak jauh berbeda dengan ikan arwana lainnya, Ikan Arwana Papua juga memiliki ukuran yang bisa mencapai 90 cm. Biasanya ikan arwana jenis ini dijual dengan harga sekitar Rp 4 juta.  

Ikan Arwana Brazil

  • Arwana Brazil merupakan salah satu ikan arwana yang sering ditemukan di Indonesia dengan harga yang ramah kantong. Keunikan dari ikan yang satu ini adalah kemampuannya untuk melompat tinggi di udara untuk menangkap mangsa. Harga ikan arwana ini mencapai sekitar Rp2 jutaan dapat tumbuh sampai ukuran mencapai 1 meter.

Ikan Arwana Black Golden

  • Jenis black golden merupakan salah satu Jenis Ikan Arwana termahal yang dapat kamu temukan di pasaran, dengan harga mencapai Rp18 jutaan. Ikan cantik ini memiliki perpaduan warna emas dan hitam yang unik pada sisiknya. Ikan yang berasal dari Penang, Malaysia ini tinggal di daerah rawa dan sulit untuk ditemukan, sehingga harganya bisa menjadi sangat mahal.

Ikan Arwana Super Red

  • Ikan arwana ini berasal dari sungai Kapuas di Kalimantan Selatan dan merupakan salah satu ikan yang paling diminati oleh kolektor arwana. Jenis Ikan Arwana asli Indonesia ini memiliki warna merah mencolok yang membuatnya sangat unik dan beda dari yang lain. Warna merahnya tersebut menjadi salah satu alasan mengapa harga ikan arwana ini bisa mencapai Rp2 juta hingga Rp48 jutaan.

Ikan Arwana Batik

  • Jenis Ikan Arwana termahal berikutnya adalah arwana Batik. Sesuai dengan namanya, ikan yang satu ini memiliki corak tubuh yang berbentuk seperti pola kain batik yang cantik. Karena coraknya yang unik dan berbeda dari lainnya, harga ikan yang satu ini bisa mencapai Rp50 jutaan. Fantastis bukan?

BACA JUGA:Indikasi Merger Citilink, Semua Menjadi Keluarga Garuda Indonesia

Jenis Ikan Arwana Platinum

  • Jenis ikan arwana lainnya adalah platinum, yang memiliki tekstur sisik halus. Untuk memilikinya, kamu harus siap-siap merogoh kocek hingga Rp6 milyar rupiah per ekornya. Menarik untuk membeli?

Nah, itulah beberapa jenis ikan Arwana dan kisaran harganya yang mungkin kamu tertarik untuk memeliharanya. Semoga bermanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: