Ikan Termahal IKan Arwana Apakah Bisa Dimakan ? Simak Penjelasnya

Ikan Termahal IKan Arwana Apakah Bisa Dimakan ? Simak Penjelasnya

Jakarta, radarpena.fin.co.id - Dinobatkan sebagai salah satu ikan termahal di dunia, harga ikan arwana diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Banyak yang menganggapnya sebagai barang koleksi.

Ikan Arwana dikenal juga dengan nama Asian Arowana ikan ini merupakan ikan air tawar yang banyak ditemukan di Asia Tenggara.

Ciri khasnya adalah ukuran tubuhnya yang panjang dan warna kulitnya yang perak mengkilat. Beberapa dekade terakhir, jumlah ikan arwana terus mengalami penurunan.

Sulitnya budidaya ikan arwana dan meningkatnya penangkapan ikan membuat harga seekor ikan arwana menjadi sangat mahal. Nilai tukarnya puluhan juta hingga miliaran rupiah.

Oleh karena itu, ikan arwana perlahan-lahan menjadi simbol status ketimbang ikan yang diburu untuk dimakan.

Biaya pasar ikan arwana bisa mencapai $300.000 (Rp 4,3 miliar) per ekornya. Jenis ikan arwana cukup beragam untuk ikan arwana asia, ada arwana super red, arwana pino emas, dan arwana emas ekor merah.

Meski dahulu ikan ini bebas berkeliaran di perairan dan diburu untuk dijadikan makanan, kini masyarakat sudah berhenti mengonsumsinya karena harganya yang fantastis.

Ikan arwana bukanlah ikan yang biasa dimakan orang, apalagi di banyak budaya barat. Karena keindahan dan keanggunannya, mereka lebih dikenal sebagai ikan hias yang dipelihara di akuarium.

Di beberapa wilayah Asia, khususnya wilayah Indonesia dan Malaysia, terdapat beberapa laporan konsumsi ikan Arwana oleh sebagian masyarakat lokal, khususnya suku tradisional tertentu. Namun praktik ini relatif jarang dan tidak umum.

Ikan arwana merupakan hewan peliharaan yang lebih sering dihargai karena keindahan dan nilai budayanya dibandingkan sebagai sumber makanannya.

Ingat juga bahwa ikan arwana legal di banyak negara dan perdagangan ilegalnya dilarang. Sebelum mengonsumsi ikan Arwana, pastikan ikan tersebut legal di wilayah hukum Anda dan mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: