Simak! Tips Memelihara Dan Merawat Ikan Discus Bagi Pemula

Simak! Tips Memelihara Dan Merawat Ikan Discus Bagi Pemula

RADARPENA.CO.ID - Ikan discus merupakan salah satu jenis ikan hias yang dicari banyak orang karena dapat hidup di air tawar. Selain itu, ikan yang berasal dari Sungai Amazon, Brazil ini memiliki bentuk yang unik.

Badannya berbentuk bulat dan ramping serta dipenuhi corak warna-warni. Tidak heran, dong, kalau ikannya menjadi hewan peliharaan favorit banyak orang.

Untuk memelihara ikan discus dalam akuarium diperlukan ukuran minimal 200 l atau untuk idealnya memakai ukuran 300 l. akuarium ukuran kapasitas volume air 200 l (55 galon), dapat menampung 5-6 ekor ikan discus

Sementara untuk ukuran volume air 300 l (75 galon) mampu menampung 10-12ekor ikan discus. Dengan kondisi ikan yang cukup tinggi air dalam akuarium harus diupayakan yang dalam minimal ketinggian 50 cm.

Ikan discus juga memiliki kebiasaan mencari pakan di dasar. Maka untuk bagian dasar akuarium di beberapa bagian perlu diberi substrat pasir sungai halus.

BACA JUGA:

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara merawat dan memelihara ikan discus bagi pemula, simak artikel ini sampai habis.

Cara Merawat Dan memelihara ikan discus 

 

  • Memilih Akuarium yang Sesuai

Salah satu cara merawat ikan discus adalah dengan memilih luas yang sesuai. Cara ini diperlukan agar ikan discus tidak stres saat berada di akuarium karena terlalu sempit. Adapun akuarium yang baik untuk ikan discus adalah jenis akuarium yang memiliki daya tampung air 100 liter dan dibuat dengan bahan kuat serta tahan lama.

 

  • Menjaga Kualitas Air

Cara merawat ikan discus berikutnya adalah dengan menjaga kualitas airnya, baik dari segi pH, suhu, atau kebersihannya. Adapun pH air yang tepat untuk ikan discus adalah sekitar 6-7. Sementara itu, untuk suhu yang ideal adalah sekitar 28-31 derajat Celcius. Kedua aspek tersebut harus diukur secara rutin agar sesuai dengan habitat asli ikan discus. Selain itu, jaga pula kualitas airnya dengan membersihkannya secara rutin. Hal ini diperlukan untuk mencegah timbulnya penyakit.

 

  • Jaga Asupan Makanannya 

Cara merawat ikan discus berikutnya adalah dengan menjaga asupan makanannya dan memberikan makan yang kaya akan nutrisi. Misalnya adalah makanan yang mengandung protein, seperti cacing sutra dan cacing darah. Selain itu, kamu juga perlu memberikan makanan secara rutin per harinya, yaitu sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

 

  • Perhatikan Jumlah Ikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: