Inilah Daftar Negara Terkaya Di Dunia 2023, Indonesia Urutan Berapa?

Inilah Daftar Negara Terkaya Di Dunia 2023, Indonesia Urutan Berapa?

Negara Terkaya Di Dunia 2023 -  Berdasarkan laporan Global Finance, Irlandia menempati posisi puncak dalam daftar negara terkaya di dunia pada 2023.

Pasalnya, negara tersebut berhasil mencetak produk domestik bruto (PDB) dengan paritas daya beli atau purchasing power parity (PPP) per kapita sebesar US$145.196.

Kekayaan tersebut diukur salah satunya melalui daya beli masyarakat. Selain itu, indikator lainnya adalah PDB lantaran mengukur nilai semua barang dan jasa yang diproduksi.

Gambaran akurat mengenai standar hidup rata-rata juga dapat dihitung berdasarkan tingkat inflasi dan biaya barang/jasa lokal. Angka yang dihasilkan ini disebut paritas daya beli atau purchasing power parity (PPP).

Beberapa negara terkaya dalam daftar ini merupakan negara kecil dengan sedikit penduduk. Namun, dengan memperhitungkan tingkat inflasi dan harga barang juga jasa lokal, bisa dilihat gambaran yang lebih akurat tentang standar hidup rata-rata suatu negara.

BACA JUGA:

Dilansir melalui Global Finance di Jakarta, berikut ini adalah daftar negara terkaya di dunia tahun 2023.

Irlandia 

  • Posisi pertama dalam daftar negara terkaya di dunia diduduki oleh Irlandia yang memiliki PDB-PPP per kapita sebesar US$145.196. Negara kecil ini menjadi surga perusahaan terbesar di dunia, seperti Apple, Google, Microsoft, dan Meta dikarenakan tarif pajaknya yang lebih rendah. Bahkan, berbagai perusahaan multinasional tersebut telah menyumbang sekitar 56% dari total nilai tambah ekonomi Irlandia pada 2022. Kendati, Irlandia berencana untuk menyelaraskan tarif pajak perusahaan minimumnya dengan standar global sebesar 15% pada 2024. 

Luksemburg

  • Luksemburg menjadi negara terkaya kedua di dunia dengan PDB-PPP per kapita sebesar US$142.490. Negara ini memiliki kastil dan pedesaan yang indah, sehingga membuatnya memiliki daya tarik tinggi bagi para wisatawan. Sebagian besar kekayaan Luksemburg digunakan untuk menyediakan perumahan, layanan kesehatan, dan pendidikan yang lebih baik bagi rakyatnya. Meski sempat terdampak pandemi Covid-19, perekonomian Luksemburg dapat pulih dengan pertumbuhan hingga 5,1% pada 2021.

Singapura

  • Selanjutnya ada Singapura yang menduduki peringkat ketiga dengan PDB per kapita sekitar US$133.895 atau 2 Milliar rupiah. Meskipun memiliki sumber daya alam yang terbatas, Singapura telah mampu merancang kebijakan cerdas yang membangun lingkungan bisnis yang ramah. Sehingga sebagai pusat perdagangan, manufaktur, dan keuangan mereka berkembang pesat. Singapura berhasil bangkit dari dampak pandemi Covid-19 dengan pertumbuhan ekonomi yang mengesankan.

Qatar

  • Qatar memiliki PDB per kapita sekitar US$124.848 atau sekitar 1,9 Milliar rupiah. Sehingga terkenal sebagai salah satu negara yang kaya akan cadangan minyak, gas, dan petrokimia. Meski pandemi Covid-19 sempat memukul ekonomi negara ini, Qatar berhasil pulih dengan pertumbuhan ekonomi yang signifikan pada tahun 2022. Terutama berkat pendapatan dari industri gas dan minyak serta persiapan untuk Piala Dunia 2023.

Makau

  • Makau dengan PDB per kapita sekitar US$89.558 atau skeitar 1,3 Milliar rupiah. Negara ini mengalami dampak serius akibat pandemi Covid-19, namun langkah-langkah pemulihan ekonomi telah membantunya kembali bergerak menuju kekayaannya yang dulu.

Uni Emirat Arab (UEA)

  • Selanjutnya di posisi enam ada Uni Emirat Arab memiliki PDB per kapita sekitar US$88.221 atau sekitar 1,3 Milliar rupaih. Kebijakan gaji bebas pajak dan arsitektur Islam tradisional menjadikan UEA sebagai destinasi menarik bagi para pekerja asing. Sehingga keberhasilan ekonomi UEA berawal dari penemuan minyak pada tahun 1950-an dan terus berkembang hingga saat ini.

Swiss

  • Dengan jumlah penduduk sekitar 8,7 juta orang dan alam yang hijau menjadikan Swiss negara kuat yang nyaman ditinggali. Kekayaan rata-rata per orang dewasa di Swiss adalah USD 700 ribu. Sebagian besar perekonomian Swiss disumbang dari layanan perbankan, pariwisata, dan ekspor produk farmasi, instrumen presisi (biasanya untuk jam tangan), dan mesin medis serta komputer.

BACA JUGA:Siap-siap! Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi Bakal Kena Denda, Simak Penjelasannya

Norwegia

  • Negara terkaya di dunia ini dikenal sebagai produsen minyak bumi terbesar di Eropa Barat. Jumlah penduduk yang sedikit dan pengelolaan ekonomi negara yang baik membuat Norwegia kaya. Saking kayanya, rata-rata orang berusia 30 tahun di Norwegia sudah memiliki pendapatan mencapai Rp 814 juta per tahun. 

Amerika Serikat

  • Amerika baru masuk dalam 10 negara paling kaya di dunia pada 2020 setelah dua dekade di luar peringkat 10 besar. Berbeda dengan negara terkaya lain yang populasinya sedikit, Amerika punya 335 juta jiwa. Meski begitu pendapatan GDP-nya sangat tinggi.

San Marino

  • San Marino adalah republik tertua di Eropa dan yang kelima terkecil di benua tersebut. Tarif pajak penghasilan di negara ini rendah, yang berkontribusi pada kekayaan yang dimiliki oleh warga negara. 

Itulah, beberapa daftar negara yang masuk dalam jejeran negara terkaya dunia pada tahun 2023. Semoga bermanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: