Inilah Sejumlah Makanan Yang Dapat Turunkan Kolesterol Dengan Ampuh, Yuk Simak!

Inilah Sejumlah Makanan Yang Dapat Turunkan Kolesterol Dengan Ampuh, Yuk Simak!

Makanan Penurun Kolesterol -  Tingginya kadar Kolesterol seseorang bisa menyebabkan pembentukan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah. Penumpukan plak ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Orang dengan kadar kolesterol yang tinggi perlu mulai mengatur pola makannya agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke. Salah satu caranya yakni dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

Sejumlah hidangan yang disantap seperti opor, rendang, dan sambal goreng ati bisa meningkatkan kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi jika tidak segera diturunkan akan menyebabkan beberapa komplikasi masalah kesehatan lainnya.

Salah satu cara mencegah risiko yang disebabkan oleh kolesterol tinggi adalah dengan mengontrol makanan yang kita konsumsi.

Namun, ternyata makanan yang biasa kita temukan sehari-hari bisa dijadikan makanan penurun kolesterol. Lantas, apa saja sih, makanan yang dapat menurunkan kolesterol? Yuk simak!

BACA JUGA:

Makanan Penurun Kolesterol

1. Gandum

  • Gandum adalah sereal bergizi sebagai penurun kolesterol karena serat tinggi di dalamnya. Kolesterol diubah menjadi asam empedu yang dilepas ke usus halus untuk mencerna lemak.

2. Bayam

  • Sayuran hijau seperti bayam dianggap paling efektif dalam menurunkan kolesterol. Bukan itu saja, salah satu sayuran penurun kolesterol ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung jika dikonsumsi secara rutin.

3. Ikan

  • Ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan lemak darah (trigliserida). Jenis ikan yang bisa dinikmati oleh penderita kolesterol tinggi adalah ikan kembung, sarden, salmon, makarel, dan tuna.

4. Kacang-kacangan

  • Kacang-kacangan juga dapat menurunkan kolesterol karena kandungan fitosterol yang mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam usus. Jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi oleh penderita kolesterol adalah kacang tanah, kacang mede, kacang merah, kacang almond, dan kacang kenari.

5. Alpukat 

  • Alpukat diketahui mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol serta trigliserida di darah. Kedua hal itu juga membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

6. Oatmeal

  • Oatmeal dikenal sebagai makanan yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan. Kandungan serat yang terdapat pada oatmeal dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Oatmeal sendiri adalah makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan bisa dikonsumsi setiap hari.

    Makanan dengan bahan dasar gandum ini mengandung beta glucan yang bisa membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi. Bahkan, oatmeal banyak dijadikan pengganti nasi dan membantu orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

7. Dark Coklat

  • Coklat memiliki kandungan zat anti inflamasi dan antioksidan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Coklat atau khususnya dark coklat mampu menurunkan kolesterol pada darah dengan mengonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan. Karena coklat juga termasuk pada makanan yang tinggi kalori.

BACA JUGA:Balsem, Penyembuh Alami dengan Sejarah yang Kaya

8. Yoghurt

  • Olahan susu yang difermentasi dan menjadi yoghurt ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan kandungan ester stanol nabati di dalamnya, yoghurt mampu membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

9. Buah Beri

  • Buah beri memiliki kadar polifenol yang merupakan antioksidan. Kandungan tersebut menjadi alasan utama buah beri bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

10. Bawang Putih

  • Makanan penurun kolesterol selanjutnya bawang putih yang mengandung allicin. Studi menunjukkan bawang putih bisa menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Itulah, penjelasan terkait makanan yang adapat menurunkan kolesterol yang dapat kamu coba. Semoga bermanfaat!***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: