Penting! Ketahui Ciri - Ciri HIV Aids Serta Cara Pencegahannya

Penting! Ketahui Ciri - Ciri HIV Aids Serta Cara Pencegahannya

HIV AIDSHIV atau dalan bahasa ilmiahnya yaitu Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain).

Penyakit ini sudah ada sejak lama, kasusnya mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu, tak hanya itu, penularannya juga terbilang mudah. Beberapa bentuk penularan dari HIV salah satunya yaitu Free Seks (Seks bebas).

Seks bebas pada jaman sekarang sudah marak sekali di telinga masyarakat Indonesia, dengan banyaknya seks bebas menjadi salah satu penyebab utama dari penularan virus HIV.

BACA JUGA:

Ciri - Ciri HIV Aids

Berikut ini ciri - ciri HIV Aids tahap awal sehingga kamu bisa melakukan penanganan untuk mengatasinya.

1. Pembengkakan di area kelenjar getah bening

Ciri yang pertama yaitu ada pembengkakan di kelenjar getah beningKelenjar getah bening yaitu bagian dari sistem kekebalan yang membantu tubuh dalam meredakan peradangan akibat virus.

Kelenjar limfa dapat ditemukan pada bagian tubuh tertentu, terutama di bagian lipatan-lipatan tubuh dan di dekat organ-organ yang berbatasan dengan luar tubuh.

HIV bisa menular dan menyebar dengan mudah setelah masuk ke dalam tubuh. Ketika berada pada fase ini, aliran darah pengidap mengandung virus HIV dalam tingkat tinggi, sehingga meningkatkan peluang penularan penyakit.

2. Demam

Ciri - ciri gejala HIV yang kedua yaitu demam, biasanya para penderita ciri - ciri HIV Aids akan mengalami demam tinggi dengan suhu biasanya mencapai lebih dari 38 derajat celcius.

Tak hanya demam, biasanya penderita HIV akan merasakan lelah yang berlebihan serta sakit di bagian tenggorokan.

3. Sering merasa kelelahan

Ciri yang terakhir yaitu biasanya para penderita HIV sering merasa kelelahan, hal ini disebabkan oleh infeksi virus HIV.

Biasanya gejalanya akan muncul radang tenggorokan, tidak enak badan seperti akan terkena flu.

Cara Pencegahan

  • Bagi kaum pria sebaiknya sunat untuk menghindari penyakit HIV Aids
  • Tidak melakukan free seks 
  • Tidak menggunakan narkoba dalam bentuk apapun, terutama pemakaian jarum suntik secara bergantian
  • Sebaiknya tidak mendonorkan darah, plasma, organ tubuh, atau sperma jika positif mengidap HIV
  • Edukasi HIV yang benar mengenai cara penularan, pencegahan, dan pengobatannya, dapat membantu mencegah penularan HIV di  masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: