Yuk, Kenali Manfaat Buah Naga Merah Yang Bagus Untuk Kesehatan

Yuk, Kenali Manfaat Buah Naga Merah Yang Bagus Untuk Kesehatan

BACA JUGA:

 

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan

Antioksidan

Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan, yakni senyawa yang mampu melindungi sel dari molekul tidak stabil atau disebut radikal bebas. Radikal bebas merupakan penyebab dari berbagai penyakit kronis dan penuaan.

Adapun beberapa antioksidan utama yang terkandung dalam daging buah naga antara lain:

  • Betalains: pigmen merah tua yang membantu untuk melindungi dari kolesterol Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol "jahat" agar tidak teroksidasi.
  • Hydroxycinnamates: kelompok senyawa yang bersifat antikanker.
  • Flavonoid: kelompok antioksidan terkait dengan kesehatan otak dan penurunan risiko penyakit jantung.

Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Penelitian yang dilakukan oleh Henriette M.C. Azeredo tahun 2009, studi tabung menunjukkan kandungan betalains buah naga, mampu memerangi stres oksidatif dan mungkin memiliki kemampuan untuk menekan sel kanker.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah naga merah rendah kalori dan lemak, tetapi kaya serat. Serat dalam buah naga merah memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol nafsu makan, dan mendukung penurunan berat badan yang sehat.

Menurunkan Tekanan Darah dan Hiperkolesterolemia

Kandungan kalium, flavonoid, dan vitamin C dalam buah naga merah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, buah naga merah juga memiliki efek potensial dalam memperbaiki kondisi hiperkolesterolemia.

BACA JUGA:

Tinggi Serat 

Sangat penting untuk menambahkan makanan yang kaya akan serat dalam konsumsi harian. Rekomendasi jumlah serat per hari untuk wanita, yaitu sebanyak 25 gram, sedangkan pada pria sebanyak 38 gram.

Khasiat buah naga berikutnya ialah mengandung serat sebanyak 7 gram untuk sekali sajian. Kandungan serat buah naga yang tinggi tersebut dapat memenuhi kebutuhan serat harianmu. 

Mencegah Diabetes

Kandungan gula yang ada pada buah naga merah sangat sedikit dan baik jika dikonsumsi pasien penderita diabetes. Selain itu, buah naga merah juga memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi dalam mencegah terjadinya diabetes mellitus.

Kandungan antioksidan tersebut dapat membunuh sel jahat yang biasa disebabkan karena pola hidup serta pola makan yang tidak sehat. Namun, walaupun kadar gulanya rendah harus tetap dalam batasan normal ketika mengonsumsinya.

Meningkatkan Imunitas

Buah naga merah memang sudah sangat jelas memiliki kandungan vitamin C, dan seperti yang sudah khalayak luas ketahui, jika vitamin C merupakan zat yang membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalan dari serangan penyakit baik dari virus maupun bakteri.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah naga merah bisa meningkatkan imunitas tubuh Anda.

Mencegah Osteoporosis

Jenis buah naga merah juga memiliki kandungan berbagai mineral penting bagi tubuh. Diantara berbagai jenis mineral tersebut seperti kalsium, magnesium, dan fosfor dimana sangat bermanfaat dalam memperkuat tulang serta gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: