Nomor Token yang Gagal di Input, Begini Solusinya

Nomor Token yang Gagal di Input, Begini Solusinya

Token Listrik Gagal Input - Token listrik adalah sejumlah stroom  listrik yang siap dimasukkan ke dalam meteran listrik sistem Pra bayar. Jika token listrik telah diinput, maka lampu di rumah dan peralatan elektronik di rumah tangga menyala kembali.

cara membeli token listrik atau stroom dengan memberikan nomor ID pelanggan. Nanti penjual akan memberikan nomor token yang jumlahnya 20 digit.

Lantas bagaimana saat menginput nomor token atau stroom yang sudah dibeli, tetapi mengalami kegagalan. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Token listrik memiliki 20 digit nomor-nomor yang disusun berurutan. Nomor itu, harus dimasukkan ke dalam meteran pra bayar , guna mendapat stroom  tambahan.

Kesalahan Pertama, jika nomor token yang diinput gagal adalah, salah dalam memberi nomor ID Pelanggan.

Jika ID pelanggan yang diberikan salah, maka nomor token yang 20 digit itu juga salah. Hasilnya nomor token gagal diinput biar dilakukan terus menerus.

Kesalahan Kedua, Bisa karena disebabkan oleh nomor token yang 20 digit itu, saat diinput tidak berurutan. Kalaupun sudah berurutan, tetapi ada nomor yang keliru. Misal diurutan ke-10 harus input nomor 1, tetapi tertekan nomor 2.

Kesalahan seperti ini dapat terjadi, jika keadaan meteran yang tidak lagi, misalnya ada nomor yang buram, di keyboard atau sudah rusak sehingga salah saat diketik atau diinput.

BACA JUGA:

Kesalahan ketiga, Bisa disebabkan sistem pengimputan sedang dalam keadaan error atau ada gangguan. Bisa karena Kwh meter mengalami kerusakan karena faktor alam atau faktor lain yang membuat fungsinya terganggu.

Berikut cara agar penginputan Token terhindar dari kata Gagal.

1.              Masukkan dengan Hati-hati

Prinsip hati –hati harus dijalankan. Biar lambat asal selamat, masih berlaku. Lebih-lebih faktor usia disaat mata mulai menua.

Perhatikan secara cermat nomor token yang 20 digit itu, sebelum mulai menginput. Pelan-pelan saja agar seluruh nomor sesuai urutannya bisa dimasukkan ke dalam kwh. Sebelum di enter di kwh , periksa ulang terlebih dahulu.

Perhatikan pula nomor-nomor yang tertera dalam kwh. Setelah pasti , nomor yang diminta barulah kemudian ditekan (enter).

2.              Jika saat diinput masih gagal, lakukan langkah membeli nomor token baru. Jika perlu beli stroom yang lebih murah. Gunanya memastikan bahwa kesalahan input, bukan disebabkan kesalahan kita, melainkan nomor tokennya yang bermasalah, alias sudah kadaluwarsa, atau tidak valid.

Dilarang keras membeli token listrik sembarangan. Belilah ditempat yang jelas atau merupakan channel PLN

3.              Jika masih gagal terus, segeralah ke kantor PLN terdekat, guna meminta nomor key Change Token (KCT). Gunanya agar meteran atau sistem meteran dilakukan reset ulang (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: