Kenali Ciri Pada Ambivert: Kombinasi Antara Intovert Dan Ekstrovert

Kenali Ciri Pada Ambivert: Kombinasi Antara Intovert Dan Ekstrovert

Ambivert -  Setiap manusia pasti memiliki kepribadian yang berbeda dan tentunya hal ini menjadi tolak ukur bagi kita sesama manusia, biasanya orang hanya mengenal dua jenis kepribadian, yaitu introvert dan ekstrovert.

Nmaun, tahukah kamu, ada juga orang yang memiliki kepribadian ambivert lho. Apa sih Ambivert?

Ambivert merupakan salah satu kepribadian manusia yang merupakan gabungan dari kepribadian Introvert dan Ekstrovert.

Orang yang Ambivert suka bersosialiasi dengan orang lain, tapi di lain sisi mereka juga suka menghabiskan waktu untuk menyendiri.

Berbeda dengan Ekstrovert yang suka berbicara, Ambivert cenderung pendiam pada orang yang baru dikenal. Namun jika sudah akrab, Ambivert akan berubah menjadi orang yang cerewet.

BACA JUGA:

Jika Ekstrovert cenderung menyukai lingkungan luar dan lebih bersosial. Atau Introvert yang lebih suka menyendiri maka Ambivert adalah gabungan dari keduanya.

Ciri-ciri Pemilik Kepribadian Ambivert

1. Pendengar Dan Pembicara Yang Baik

Suka membicarakan hal ini dan itu biasanya menjadi ciri dari seorang yang esktrovert. Sebaliknya, seorang yang introvert cenderung pemalu, meskipun introvert berbeda dengan pemalu. Lantas, seperti apa orang dengan karakter ambivert?

Nah, orang yang ambivert ternyata bisa saja pendengar sekaligus pembicara yang baik. Jika dirinya memang butuh mengemukakan pendapat, ia tidak malu untuk mengutarakannya. Di lain sisi, ia juga bisa menjadi pendengar yang baik jika memang situasinya mengharuskan.

2. Bisa Berada Dalam Lingkungan Apapun

Orang dengan kepribadian ambivert senang berinteraksi dengan orang lain, tapi tahu juga kapan waktunya mereka harus menarik diri dan beristirahat sejenak. Jadi mereka akan sangat fleksibel saat berada dalam situasi apapun.

“Ini merupakan cara mereka untuk mengumpulkan energi. Bisa dengan berinteraksi dengan orang banyak, atau menyepi sendiri sekedar membaca atau tidur sebentar,” ujar Dr. Brenner.

3. Memiliki Kepribadian Introvert dan Ekstrovert

Menurut psikolog Paulette Kouffman Sherman, secara emosional mereka sangat fleksibel. Pemilik kepribadian ambivert mimiliki sifat gabungan dari introvert dan ekstrovert.

"Seorang ambivert memiliki ciri keduanya. Berkharisme seperti seorang esktrovert dan memiliki keterampilan mendengarkan layaknya orang introvert," kata Helen Odessky, psikolog dan penulis Stop Anxiety from Stopping You.

4. Merasa Nyaman Bersosialisasi dan Tetap Memerlukan Waktu Me Time

Ambivert dapat tetap merasa nyaman ketika berada pada keramaian atau sekadar menikmati malam yang tenang di rumah. Misalnya, seorang teman menelepon dan mengajak berkumpul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: