Kenali Manfaat Pada Vitamin B1 Untuk Kesehatan

Kenali Manfaat Pada Vitamin B1 Untuk Kesehatan

Vitamin B1 -  Kekurangan vitamin B1 akan membuat tubuh menjadi tidak fit dan resikonya mengalami sejumlah masalah kesehatan.

Selain itu, vitamin B1 juga merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan semua jaringan tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Vitamin B1 alami terdapat pada gandum utuh, daging sapi, tuna, salmon, dan kacang-kacangan

Vitamin B1 juga sering disebut dengan tiamin, sebab memiliki manfaat untuk mengubah karbohidrat menjadi energi.

Jika asupan vitamin B1 tidak bisa tercukupi dari makanan, dokter akan menyarankan konsumsi suplemen vitamin B1.

BACA JUGA:

Suplemen vitamin B1 tersedia dalam bentuk obat tunggal, gabungan dengan vitamin B lainnya, atau gabungan dengan vitamin dan mineral lainnya.

Sementara itu, vitamin B1 dalam bentuk sediaan suntik juga dapat digunakan untuk mengatasi keracunan etilen glikol.

Nah, berikut ini adalah sejumlah manfaat vitamin B1 untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Manfaat Vitamin B1

Meningkatkan Produksi Energi

  • Ketika gula bercampur dengan vitamin B1, zat ini dapat menjadi energi yang digunakan untuk tubuh. Vitamin B1 membantu membuat proses tersebut menjadi lebih cepat dengan mendukung enzim lainnya.

Mengelola Penyakit Diabetes

  • Jika kamu mengalami diabetes, pertimbangkan untuk mengonsumsi lebih banyak tiamin. Melansir WebMD via Klikdokter, gula darah tinggi dan kadar insulin akan membaik setelah mengonsumsi vitamin B1 selama enam minggu. Manfaat Vitamin B1 juga membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan komplikasi jantung pada pengidap diabetes.

Meningkatkan Memori

  • Mendapatkan cukup tiamin mampu membantu meningkatkan konsentrasi dan memori. Manfaat ini dikarenakan adanya efek dari positifnya perilaku dan fungsi otak.

BACA JUGA:

Mencegah Penuaan  

  • Tidak hanya untuk penyakit, vitamin B1 juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan vitamin B1 bekerja sebagai antioksidan yang kuat. Dengan demikian, kulit dapat terlindungi dari tanda-tanda penuaan seperti keriput, bintik-bintik hitam pada wajah, serta kulit yang mengendur.

Membantu Mengurangi Stress 

  • Vitamin B1 ternyata juga dapat membantu mengurangi stress. Menurut dr.Sherry Ross, seorang spesialis kandungan sekaligus ahli kesehatan wanita di Providence Saint John’s Health Center, AS, mengkonsumsi vitamin B mungkin dapat membantu mengendalikan mood dan gangguan fisik akibat stress.

Mencegah Penyakit Beri-beri

  • Manfaat terpenting vitamin B1 yaitu mencegah penyakit beri-beri. Penyakit ini terjadi karena tubuh tidak dapat mengubah karbohidrat dari makanan menjadi energi. Hal ini memicu penumpukan asam piruvat dalam darah dan menimbulkan gejala beri-beri. Penyakit beri-beri diatasi dengan pemberian suplemen vitamin B1 dalam bentuk pil atau suntikan. Jika kondisi pasien cukup parah, tenaga medis akan memberikan suplemen melalui infus. 

Itulah, rangkaian dari beberapa manfaat vitamin B1 yang baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: