Waspadai! Inilah Ciri Kucing Rabies Yang Perlu Kamu Ketahui

Waspadai! Inilah Ciri Kucing Rabies Yang Perlu Kamu Ketahui

Rabies dapat menimbulkan rasa sakit, termasuk pada otot-otot mulut kucing. Akibatnya mereka kesulitan mengontrol air liurnya sendiri. Gejala rabies pada kucing yang sangat terlihat yaitu sering meneteskan air liur. Bahkan, pada kondisi yang cukup kritis, mulut kucing akan mengeluarkan busa.

6. Lumpuh 

Ciri-ciri kucing rabies yang terakhir adalah mereka terlihat begitu lemas. Rabies pada kucing menyebabkan mereka kehilangan kontrol pada otot tubuh. Akibatnya, kucing mengalami kelumpuhan, koma, hingga kematian. 

7. Vokal Berubah

Kucing yang terinfeksi virus rabies dapat mengalami perubahan suara atau kesulitan dalam mengeluarkan suara. Mereka dapat mengeluarkan suara yang berbeda dari biasanya, seperti suara menjadi serak, lemah, atau tidak normal. Perubahan ini dikarenakan virus yang menyerang sistem saraf pusat, termasuk saraf yang mengontrol otot-otot dalam produksi suara.

Cara Mencegah Rabies Pada Kucing

Pemilik kucing perlu mengetahui beberapa cara untuk mencegah kucing terkena rabies. Berikut cara mencegah rabies pada kucing.

BACA JUGA:Ikan Louhan, Ikan Keberuntungan - Asal Mula Hingga Sampai Di Barat

1. Vaksinasi

Vaksin kucing tidak termasuk ke dalam vaksinasi inti, tetapi vaksin ini diwajibkan oleh undang-udang di sebagian wilayah. Vaksin rabies yang diberikan mengandung antigen yang memicu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan perlindungan terhadap virus menular ini. Berikan vaksin rabies sejak kucing berusia 8 minggu.

2. Hindari Kontak dengan Hewan Liar

Kucing yang tinggal atau dirawat di dalam rumah memiliki risiko lebih rendah terkena rabies. Maka dari itu, minimalisir interaksi kucing peliharaan dengan hewan liar yang berpotensi membawa virus tersebut. Jaga kucing agar tetap di dalam rumah dan dalam area aman sehingga terhindar dari kemungkinan terpapar hewan yang terinfeksi.

3. Jaga Kebersihan

Sebagai pemiliki, kalian harus memastikan kucing selalu dalam keadaan yang bersih dan sehat. Hindari kontak dengan kucing liar atau hewan yang mungkin terinfeksi penyakit menular lainnya.

BACA JUGA:Burung Murai Batu: Pesona Suara Indah dalam Kompetisi Berkicau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: