Waspadai! Inilah Ciri Kucing Rabies Yang Perlu Kamu Ketahui

Waspadai! Inilah Ciri Kucing Rabies Yang Perlu Kamu Ketahui

JAKARTA, RADARPENA -  Rabies adalah penyakit zoonosis yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini memengaruhi sistem saraf pusat hingga gejala yang muncul bisa berakibat fatal, rabies merupakan penyakit yang bisa ditularkan dari hewan ke manusia. 

Meski dikenal sebagai penyakit anjing gila, rabies juga dapat menyerang hewan mamalia lain seperti kucing. Pada kucing, rabies bisa menimbulkan serangkaian perubahan baik perilaku maupun fisik.

Sama seperti anjing, kucing yang tertular rabies dapat menyerang sistem saraf pusat kucing dan menyebabkan gejala neurologis. Ada beberapa hal yang menjadi ciri bahwa kucing peliharaan terserang rabies. Ciri kucing rabies adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:Tips Memelihara Dan Merawat Samoyed Si Anjing Setia Dan Pelindung

1. Perubahan Perilaku

Adanya perubahan perilaku bisa jadi tanda kucing rabies. Kucing peliharaan yang biasanya tenang, tiba-tiba menjadi penuh semangat atau gelisah. Sedangkan, kucing yang biasanya ekstrovert berubah menjadi kurang penyayang dan sering mengasingkan diri. 

2. Mengalami Gangguan Saraf

Penyakit ini dapat menyerang otak dan gangguan saraf. Jika sudah tertular, kucing akan menunjukkan gejala berupa kejang, kelemahan otot, tremor, dan gangguan keseimbangan. Gangguan saraf dan otak juga menyebabkan kucing tidak dapat mengenali manusia di sekitarnya. Hal tersebut membuat hewan berbulu ini tidak dapat mengontrol perilakunya sehingga memungkinkan mereka untuk menggigit dan mencakar siapa saja, termasuk pemiliknya.

3. Kucing Menjadi Pica 

Pica merupakan gangguan makan yang menyebabkan seseorang atau seekor hewan memakan objek bukan makanan. Sebagai contoh tanah, cat, rambut, feses, dan lainnya. Dalam konteks rabies, pica merupakan gejala umum yang ditunjukkan kucing ketika terkena penyakit tersebut.

4. Hydrophobia Pada Kucing 

Kucing memang identik tidak menyukai air, namun kucing rabies semakin membuat hewan peliharaan lebih sensitif terhadap objek cair. Ketakutan terhadap air atau hydrophobia yang muncul pada hewan terjangkit rabies dipicu rasa sakit saat menelan makanan. Bahkan termasuk air atau cairan.

BACA JUGA:Cara Memelihara Anjing Dengan Baik dan Benar

5. Lendir di Mulut 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: