5 Cara Mengecek kepesertaan BPJS Menggunakan Nomor Induk Kependudukan

 5 Cara Mengecek kepesertaan BPJS Menggunakan Nomor Induk Kependudukan

JAKARTA,RADARPENA- Informasi penting bagi anda yang ingin mengetahui kepesertaan BPJS kesehatan, aktif atau tidak dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Nomor Induk Kependudukan bisa dilihat dari Kartu Tanda Penduduk atau KTP dan bisa dari Kartu keluarga (KK).

Staf BPJS di Puskesmas Bentiring Permai Kota Bengkulu Wini Anggraini menjelaskan minimal ada dua cara yang bisa dipakai untuk  mengecek kepesertaan BPJS, aktif atau tidak menggunakan NIK. ‘’Pertama jika di Puskesmas memakai ECLAIM-Primary-Care-PCare, ‘’jelasnya.  

Dari sini Petugas akan membantu melayani dengan login akun dan password di Puskesmas. Cara kedua sambung Winni adalah dengan mengirim pesan WhatsApp di BPJS. Selanjutnya akan ada pilihan informasi yang mau diketahui. Untuk mendapatkan nomor WA, BPJS silahkan login di web resmi BPJS kesehatan di alamat BPJS Kesehatan.com.

Ini adalah kanal resmi BPJS kesehatan (operasional) hari senin-jumat, jam 08.00 WIB – 15.00 waktu setempat kecuali hari libur. di Kanal Pandawa BPJS Kesehatan. Setelah menyapa di nomor ini anda bakal langsung mendapat sambutan dan respon serta untuk  melanjutkan layanan ini harap mengisi formulir melalui link, paling lambat 60 menit sejak link diakses. .Cara membuka BPJS kesehatan.com  ini, sangat mudah, langung masuk ke Chrome jika di laptop atau pencarian google jika d HP.

Sementara itu masih dari laman resmi BPJS kesehatan itu, untuk mengecek kepesertaan BPJS menggunakan NIK, dapat juga dengan tiga cara lain yakni, dengan menekan Halo, saya Chika, Saya asisten pribadi anda di BPJS kesehatan. Letaknya diurut kedua dari atas. Dari situ akan diminta mengisi Masukkan NIK, masukkan nama, masukkan email, masukkan no handphone dan masukkan kode CAPCHA.  

Cara berikutnya adalah dengan menelpon call Center di nomor 165, setelah menyetujui, kita diminta memasukkan dahulu, nomor NIK, nama lengkap, email, nomor telepon. Setelah itu masukkan kode CAPTCHA dan mulai menelpon. 

Terakhir cara yang juga lebih gampang dan mudah adalah dengan menggunakan aplikasi JKN Mobile yang terlebih dahulu di download dari play store atau App  Store. Jika anda sudah terdaftar dari menu aplikasi ini bisa disajikan untuk  mengecek kepesertaan BPJS menggunakan NIK (iaa)***

5 Cara mengecek Kepersertaan BPJS Menggunakan NIK

1.      Datang Ke Puskesmas Terdekat

2.      Gunakan WA BPJS Kesehatan

3.      Gunakan Asisten Chika

4.      Telepon Call Center 165

5.      Gunakan Aplikasi JKN Mobile

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: