Daftar Makanan Yang Mengandung Zat Besi Tinggi Untuk Kesehatan Tubuh

Daftar Makanan Yang Mengandung Zat Besi Tinggi Untuk Kesehatan Tubuh

JAKARTA, RADARPENA -  Zat besi adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh manusia. Fungsi dari zat besi adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Zat besi atau dilambangkan dengan simbol Fe adalah komponen penting hemoglobin. Hemoglobin sendiri mengandung besi yang disebut hem dan protein globulin. Setiap molekulnya mampu mengingat oksigen yang kemudian diedarkan ke seluruh tubuh.

Zat besi bergabung dengan oksigen di dalam paru-paru dan melepaskan oksigen dalam darah yang memerlukan. Zat besi digunakan dalam pembuatan hemoglobin dan berperanan penting dalam fungsi normal daya tahan tubuh.

Tanpa zat besi yang cukup, kita tidak dapat membuat sel darah merah yang cukup untuk mengangkut oksigen, yang menyebabkan masalah kesehatan dan gejala seperti kelelahan yang ekstrem.

BACA JUGA:Simak Cara Ini Untuk Mengatasi Kesemutan Pada Tangan

Ada juga beberapa penyesuaian yang dapat kamu lakukan untuk diet yang membantu penyerapan, seperti mengonsumsi zat besi dengan sumber vitamin C.

Padahal, kurangnya zat besi dapat menyebabkan tubuh tidak mampu memproduksi cukup hemoglobin yang berperan membawa oksigen ke jaringan tubuh. Gejala yang sering muncul pada kondisi kekurangan zat besi adalah mudah lelah, penurunan sistem kekebalan tubuh, hingga gangguan pertumbuhan.

Melansir dari berbagai sumber, inilah sejumlah makanan yang mengandung Zat Besi tinggi yang bisa kamu konsumsi,

Sayuran Hijau

Sayuran hijau tua juga merupakan sumber vitamin C, serta zat besi, yang dibutuhkan untuk penyerapan zat besi yang tepat. Meskipun mereka sendiri bukan sumber makanan kaya zat besi, sayuran hijau cenderung sangat padat nutrisi dan kandungan vitamin C-nya memudahkan tubuh kita menyerap zat besi yang dikandungnya.

Biji-bijian

Bji-bijian adalah sumber zat besi yang hebat, serta kaya akan protein dan nutrisi lainnya. Kacang mete mengandung 6,68 mg zat besi per 100 g, pistachio memiliki 3,92 mg per 100 g dan pecan memberi kita 2,53 mg per 100 g. Anda juga bisa mengonsumsi kacang sebagai selai kacang, yang semakin memudahkan pemenuhan kebutuhan zat besi harian Anda.

Daging Merah

Daging merah mungkin yang pertama kali diasosiasikan orang dengan zat besi, dan itu adalah sumber yang kaya akan zat besi (jenis zat besi yang kita dapatkan dari sumber hewani yang lebih mudah dicerna oleh tubuh kita). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: