Makanan Bergizi Penurun Darah Tinggi, Penting Bagi Anda

Makanan Bergizi Penurun Darah Tinggi, Penting Bagi Anda

JAKARTA, RADARPENA - Walaupun sudah mendapatkan penanganan medis dari dokter, penderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi tetap perlu menjaga konsumsi makanannya.

Hal tersebut dimaksudkan agar tekanan darah tetap stabil. Maka dari itu, ada beberapa makanan penurun darah tinggi yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Salah satu makanan untuk menurunkan darah tinggi yang dapat dikonsumsi oleh penderita hipertensi adalah pisang. Pisang diketahui memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

BACA JUGA: Himbau Warga Makan Bergizi, Pemkot Gelar Festival Mabar B2SA

10 Makanan Penurun Darah Tinggi untuk Penderita Hipertensi

Di samping mendapatkan penanganan medis dari dokter, salah satu cara menurunkan darah tinggi adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Makanan penurun darah tinggi umumnya memiliki kandungan kalium yang mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dengan baik. Berikut daftar makanannya:

1. Buah Bit

Bit merupakan buah penurun darah tinggi yang direkomendasikan untuk penderita hipertensi. Hal ini dikarenakan buah bit mengandung zat nitrat yang nantinya akan diolah menjadi nitrit oksida (NO) dalam tubuh. Di mana, nitrit oksida akan membantu memperlebar pembuluh darah sehingga tekanan darah tetap stabil.

2. Brokoli

Rekomendasi makanan penurun darah tinggi selanjutnya adalah brokoli. Brokoli dikenal sebagai salah satu sayuran penurun darah tinggi lantaran memiliki kandungan mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang memengaruhi tekanan darah.

Selain itu, kandungan mineral dalam brokoli juga dapat membantu mengurangi kerusakan pembuluh darah arteri. Jadi, konsumsi brokoli secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya berbagai macam penyakit jantung dan stroke iskemik.

3. Pisang

Pisang adalah buah penurun darah tinggi yang sudah cukup dikenal manfaatnya. Hal ini dikarenakan pisang termasuk ke dalam buah tinggi kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah.

Lebih tepatnya, kandungan kalium dalam pisang akan membantu proses sekresi natrium dan air di dalam darah. Di mana natrium memicu peningkatan volume tekanan darah. Sehingga, apabila kandungan natrium dalam tubuh dapat dijaga, tekanan darah pun akan menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: