Simak Yuk! Cara Mengatasi Mual Karena Asam Lambung Naik

Simak Yuk! Cara Mengatasi Mual Karena Asam Lambung Naik

JAKARTA, RADARPENA -  Penyakit asam lambung dan GERD merupakan contoh gangguan pencernaan yang ditandai dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Kondisi ini biasanya menimbulkan berbagai gejala yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, salah satunya adalah keluhan mual.

Mual adalah salah satu gejala asam lambung naik atau maag yang umum terjadi. Kendati demikian, kondisi ini perlu diatasi dengan tepat agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Biasanya rasa mual ini muncul dengan disertai perut begah, kembung, sering sendawa, heartburn (rasa panas di perut sampai ke dada), diare, sembelit, sampai sakit perut.

BACA JUGA:Manfaat Kaktus Centong Yang Baik Untuk Kesehatan

Pasalnya ketika asam lambung yang seharusnya berada di perut bisa naik ke kerongkongan karena gangguan pada sfingter esofagus bagian bawah atau cincin otot pemisah kedua bagian tubuh ini.

Biasanya setelah orang makan atau minum, normalnya sfingter esofagus bagian bawah akan menutup kembali. Hal itu bertujuan untuk mencegah segala asupan yang sudah ditelan dan asam lambung kembali naik ke kerongkongan.

Akan tetapi, ketika sistem buka tutup klep atau cincin otot ini longgar dan tidak bisa optimal, asam lambung dari perut bisa naik ke kerongkongan sampai ke mulut. Rasa asam yang tertinggal di mulut diikuti batuk dan sendawa ini tak jarang menyebabkan rasa mual.

Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan beberapa cara ini untuk menghilangkan mual karena asam lambung naik:

Makan Dengan Porsi Sedikit namun Sering

Salah satu pemicu asam lambung naik yang jarang disadari adalah mengonsumsi makanan dengan porsi berlebihan. Oleh karenanya, jika maag sedang kambuh, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit namun sering. Selain memperhatikan porsinya, penderita GERD juga perlu membatasi jenis makanan tertentu untuk mencegah timbulnya gejala asam lambung naik, seperti makanan asam, bawang-bawangan, cokelat, dan sayuran sulit cerna seperti kubis.

BACA JUGA:Inilah Khasiat Yang Terkandung Dalam Buah Matoa Yang Baik Untuk Kesehatan

Minum Air Putih yang Cukup

Cara menghilangkan mual saat asam lambung naik yang pertama adalah minum air putih secukupnya. Hal ini dikarenakan dehidrasi atau kekurangan cairan bisa memperburuk kondisi seseorang yang sedang mengalami mual akibat asam lambung naik. Selain itu, minum air putih yang cukup juga mampu menetralkan kadar asam dalam lambung sehingga mampu meredakan gejala maag.

Mengunyah Permen Karet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: