Simak Yuk! Cara Mengatasi Mual Karena Asam Lambung Naik

Simak Yuk! Cara Mengatasi Mual Karena Asam Lambung Naik

Mengunyah permen karet rupa-rupanya bisa menjadi cara mengatasi mual karena asam lambung yang cukup efektif. Penelitian Journal of Dental Research menyebutkan, permen karet terbukti efektif dalam menghilangkan sensasi asam di mulut yang sering  memicu terjadinya mual.

Mengonsumsi Jahe

Mengonsumsi jahe juga menjadi cara menghilangkan mual saat asam lambung naik yang dapat Anda lakukan. Jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol yang diketahui memiliki efek antiemetik sehingga dapat meredakan rasa mual secara alami. Untuk mengonsumsinya, rebuslah jahe pada air mendidih selama 5–8 menit. Agar terasa lebih segar, Anda juga dapat menambahkan perasan lemon ke dalam air rebusan jahe tersebut.

Hindari Rebahan Atau Tidur Setelah Makan 

Cara agar tidak mual saat asam lambung naik berikutnya adalah menghindari kebiasaan berbaring atau tidur setelah makan. Berbaring setelah makan diketahui dapat memperburuk rasa mual karena menyebabkan asam lambung naik menuju kerongkongan. Karena itu, setelah makan, ada baiknya Anda memberi jeda waktu selama 2–3 jam jika ingin berbaring atau tidur.

Menghindari Minuman Beralkohol dan Berkafein

Salah satu minuman yang perlu dihindari untuk mengurangi mual saat asam lambung naik adalah minuman beralkohol. Mengonsumsi minuman beralkohol dapat merangsang asam lambung naik sehingga turut memperparah rasa mual. Selain minuman beralkohol, konsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan juga dapat mengiritasi lapisan dinding lambung. Karena itu, penting pula untuk membatasi konsumsi minuman berkafein sebagai cara menghilangkan mual saat asam lambung naik.

BACA JUGA:Yuk Kenali! Manfaat Dan Nutrisi Buah Matoa Untuk Ibu Hamil

Minum Obat Asam Lambung 

Cara menghilangkan mual karena asam lambung naik yakni minum obat asam lambung. Obat asam lambung naik antasida dapat mengurangi mual dan menetralkan asam di perut. Sedangkan obat proton pump inhibitor (PPI) dapat mengurangi gejala asam lambung naik. Diskusikan dengan dokter yang biasa menangani untuk obat asam lambung yang tepat. Dokter akan meresepkan obat sesuai kondisi kesehatan dan tingkat keparahan penyakit.

Hindari Makanan Berminyak dan Gorengan

Makanan yang banyak mengandung lemak bisa memperlambat proses pengosongan lambung. Bagi penderita GERD, kondisi ini bisa menyebabkan cairan asam lambung naik dan bikin rasa mual makin memburuk. Makanan berlemak juga bisa bikin perut kembung sehingga memperparah rasa mual. Oleh sebab itu, hindari makanan berminyak dan gorengan.

Tinggikan Posisi Bantal Saat Tidur

Kamu juga perlu meninggikan posisi kepala saat tidur. Bagi penderita GERD, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan bantal wedge. Bantal berbentuk trapesium siku-siku ini didesain untuk membantu mengurangi tekanan pada perut sehingga rasa mual pun bisa berkurang.

Itulah beberapa rangkaian untuk mengatasi mual yang disebabkan oleh asam lambung yang naik. Semoga bermanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: