Sang Ilmuan, Insinyur dan Penemu, Nicola Tesla, Ikuti Sejarahnya

Sang Ilmuan, Insinyur dan Penemu, Nicola Tesla, Ikuti Sejarahnya

JAKARTA, RADARPENA - Nicola Tesla adalah seorang penemu, ilmuan, dan insinyur, yang lahir ki Kroasia, 10 juli 1856. Tesla adalah tokoh yang  berpengaruh dalam sejarah teknologi terutama dalam bidang listrik.

Nicola Tesla belajar teknik listrik dan fisika di Universitas Teknik di Graz, Austria, dan kemudian di Universitas Teknik di Praha, Republik Ceko.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, dia bekerja untuk perusahaan telepon dan telegraf di Budapest dan Paris sebelum berpindah ke Amerika Serikat pada tahun 1884.

Setibanya Tesla di Amerika Serikat, Ia mulai bekerja bersama Thomas Edison di Edison Machine Works, tetapi kemudian bekerja untuk dirinya sendiri.

BACA JUGA:Sejarah Pesawat, Siapa Saja Orang Hebat yang Terlibat dalam Perkembangannya?

Tesla memegang lebih dari 300 paten atas berbagai penemuan, termasuk generator listrik tiga fasa, motor induksi, transformator, sistem distribusi listrik AC (arus bolak-balik), dan teknologi nirkabel.

Salah satu momen paling penting dalam sejarah Tesla adalah "Perang Arus Listrik" antara sistem distribusi listrik AC miliknya dengan sistem DC (arus searah) milik Thomas Edison.

Perangkat listrik AC yang dikembangkan oleh Tesla akhirnya diadopsi secara luas sebagai sistem distribusi energi listrik, karena lebih efisien dan memungkinkan transmisi daya jarak jauh.

BACA JUGA:Sejarah Mie Instan, Fakta Dan Dampak Bagi Tubuh

Nicolas Tesla berperan penting dalam pembangunan Pembangkit Listrik Niagaradara pada akhir abad ke-19. Sistem AC yang ditemukan olehnya digunakan untuk mentransmisikan daya listrik dari Niagaradara ke Buffalo, New York, yang menjadi salah satu pencapaian besar dalam sejarah tenaga listrik.

Tesla juga terlibat dalam pengembangan teknologi nirkabel dan telegrafi tanpa kabel. Dia mengajukan paten untuk sistem komunikasi nirkabel pertamanya pada tahun 1897.

Mimpi Tesla untuk membangun menara besar pembangkit listrik di Wardenclyffe, harus Ia kubur dalam-dalam karena kekurangan dana.

BACA JUGA:Ali Sadikin, Sebuah Nama yang Menghiasi Sejarah Jakarta

Tesla meninggal pada tanggal 7 Januari 1943 di New York City pada usia 86 tahun. Meskipun dia kurang dikenal selama hidupnya, namun sejak itu, Tesla diakui sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: