Puasa Sunnah dan Artinya, Jangan Tinggalkan Puasa Sunnah Muharram

Puasa Sunnah dan Artinya, Jangan Tinggalkan Puasa Sunnah Muharram

JAKARTA,RADARPENA- Puasa menurut Islam adalah tidak makan dan minum sejak terbit Matahari hingga terbenam. Sebelum berpuasa disunnahkan untuk  bersahur dan memasang niat. Sedangkan sunnah adalah Perintah Allah, andaikan dikerjakan maka mendapat pahala dan jika tidak dkerjakan tidak apa-apa alias tidak berdosa.

Dari dua pengertian diatas bisa disimpulkan puasa sunnah, adalah ibadah shaum yang didahului dengan niat serta makan sahur, dan kemudian menahan makan dan minum sejak matahari terbit hingga tenggelam serta meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkan pahala puasa. Tetapi puasanya tidak sama dengan Puasa wajib, karena jika dikerjakan mendapat pahala dan tidak dikerjakan tidak mengapa.

Berdasarkan penanggalan Hijriah, kita sedang berada di dalam salah satu bulan haram yang bulan Muharram. Dalam bulan ini Ummat Muslim sangat dianjurkan mengerjakan puasa selama dua hari yakni ditanggal 9 Muharram dan 10 MuharramMuharram. Jika dipersamakan di bulan Masehi maka kedua puasa itu jatuh pada Kamis (27/7) dan Jumat (28/7). Puasa sunnah didua hari itu  dinamakan Puasa  Tasu’a dan puasa Asyura

Dalil Puasa di bulan Muharram

أَفْضَلُ الصَّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَريضَةِ صَلَاةُ اللَّيْل

Artinya: "Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan adalah puasa pada bulan Allah Muharram. Dan salat yang paling utama setelah salat fardhu adalah salat malam." (HR Muslim dalam Shahih-nya bab Fadhlu Shaum Al-Muharram).

Sementara dalil untuk  melaksanakan Puasa Tasu’a  9 Muharram adalah

ولَئِن بَقيتُ إِلَى قَابِل لَأَصُومَنُ التَّاسِعَ

Artinya: "Seandainya aku masih hidup sampai tahun depan, niscaya aku akan berpuasa pada tanggal sembilan Muharram." (HR Muslim)

Dalil untuk melaksanakan Puasa Asyura 10 Muharram

حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ إِسْحَاقَ الْهَمْدَانِي، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ، عَنْ هِشَامٍ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: كَانَ عَاشُورَاءُ يَوْمًا تَصُوْمُهُ فَرَيْسٌ فِي الْجَاهِلِيَّةِ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ يَصُوْمُهُ فَلَمَّا قَدِمَ الْمَدِينَةَ صَامَهُ وَأَمَرَ النَّاسَ بِصِيَامِهِ، فَلَمَّا افْرِضَ رَمَضَانُ كَانَ رَمَضَانُ هُوَ الْفَرِيضَةُ، وتَرَكَ عَاشُورَاءَ، فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ. وَفِي الْبَابِ عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ، وَقَيْسِ بْنِ سَعْدِ، وَجَابِرِ بْنِ سمُرَةَ، وَابْنِ عُمَرَ، وَمُعَاوِيَةَ. وَالْعَمَلُ عِنْدَ أَهْلِ الْعِلْمِ عَلَى حَدِيْثِ عَائِشَةَ، وَهُوَ حَدِيثُ صَحِيحٌ؛ لَا يَرَوْنَ صِيَامَ يَوْمٍ عَاشُورَاءَ وَاجِبًا، إِلَّا مَنْ رَغِبَ فِي صِيَامِهِ لِمَا ذُكِرَ فِيهِ مِنَ الْفَضْلِ.

Artinya: "Dari Harun bin Ishaq al-Hamdani, dari Abdah bin Sulaiman, dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Aisyah, ia berkata, 'Pada awalnya, Asyura adalah hari yang di dalamnya orang-orang Quraisy berpuasa pada masa jahiliyah. Ketika itu, Rasulullah SAW juga berpuasa pada hari Asyura. Kemudian beliau datang ke Madinah, beliau juga berpuasa pada hari Asyura tersebut dan memerintahkan orang-orang untuk berpuasa di dalamnya. Lalu ketika puasa Ramadan diwajibkan, maka puasa Ramadanlah yang menjadi fardhu, dan beliau meninggalkan kewajiban puasa Asyura. Maka barang siapa mau berpuasa pada hari itu, ia boleh berpuasa. Dan barang siapa tidak ingin melakukannya, maka ia boleh untuk tidak berpuasa." (Shahih Abu Dawud, No 2110: Muttafaq 'alaih) (iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: