Lalapan Daun Pepaya Ampuh Mengatasi Malaria, Silahkan Coba

Lalapan Daun Pepaya Ampuh Mengatasi Malaria, Silahkan Coba

JAKARTA,RADARPENA- Daun pepaya dan tangkai serta bunga sudah menjadi menu favorit masyarakat seluruh  Indonesia dengan sebutan lalapan daun pepaya.  Lalapan ini digemari semua lapisan masyarakat.  Orang tua maupun dewasa menyukai lalapan. Bagi penyuka rasa pahit, lalapan ini cocok dikonsumi bersama sambal terasi.

Rasa pahit dari lalapan daun pepaya bisa menyembuhkan penyakit malaria termasuk penyakit lain seperti kanker, mengurangi nyeri haid, mengontrol  darah tinggi, mencegah dan mengobati demam berdarah. lalapan daun pepaya memilihat rasa pahit. Biasanya agar rasa pahitnya berkurang, masyarakat mencampurkannya dengan daun singkong atau daun lain seperti bayam dan kangkung.

Agar lalapan daun pepaya terasa lebih nikmat, harus memperhatikan saat merebus. Jangan lupa diberi sedikit garam halus. Selanjutnya  agar rebusan lalapan daun pepaya menjadi cepat lembut ditambahkan sedikit kapur sirih. Rebus lalapan daun lama cukup 5 menit saja, atau seperlunya sampai terlihat lalapan itu nampak matang dan berubah warna menjadi hijau tua.

Bagi penikmat lalapan daun pepaya, upayakan daun yang direbus tidak terlalu tua, agar tidak terlalu keras. lazim diketahui daun pepaya muda lebih enak dimakan, dibanding yang  sudah tua.

Meski begitu untuk lalapan daun pepaya, berikut tangkai dan bunganya, ada diantara masyarakat yang mengkonsumsi tidak direbus terlebih dahulu, alias dikonsumsi dalam keadaan mentah.   Jika mau mengkonsumsi lalapan daun pepaya mentah sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu dan diberi garam halus. Maksud dicuci agar layak untuk  dikonsumsi sedangkan garam agar rasanya lebih enak.

Tahapan berikut mengkonsumsi lalapan daun pepaya perhatikan sambil terasi atau sambal tomat  yang dipergunakan. Bisa dengan cara  dibuat sendiri atau dbeli,seperti yang terdapat dalam kemasan-kemasan atau dalam  wadah-wadah kaca.  cara membuat sambal terasi yang pas untuk  lalapan daun pepaya sangat mudah.  Jika ingin lebih hemat dan biaya murah, serta sambal yang diperoleh lebih banyak, sebaiknya dibuat sendiri menggunakan cobek atau batu giling yang kerap dipergunakan ibu-ibu dirumah membuat sambal

Pertama siapkan cabai sekitar 10 tangkai, setelah dicuci  berish dan dilepas tangkainya digiling bersama garam kasar.  Penggunaan garam kasar supaya mudah menggilingnya. Setelah halus masukkan terasi yang sudah dipanggang selama kurang lebih 4 menit.  Kemudian diberi tomat dan penyedap rasa. Sambal terasi siap disajikan. Dapat juga diberi sedikit bawang merah yang telah ditumis lebih dulu dan digiling bersama cabai dan terasi (iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: