Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Oven dan Microwave

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Oven dan Microwave

- Oven masih memiliki jenis yang menggunakan gas sebagai sumber panas, maka microwave hanya menggunakan listrik sebagai sumber panas di semua jenisnya.

Oven memang menggunakan daya listrik lebih sedikit dibanding microwave, namun oven membutuhkan waktu yang lama untuk mematangkan makanan sehingga jika dihitung daya listrik yang dihabiskan juga menjadi besar.

- Microwave menggunakan daya listrik lebih besar. Hal ini karena microwave membutuhkan konsumsi listrik yang cukup banyak untuk menghasilkan gelombang mikro. Namun, microwave hanya memerlukan waktu yang singkat untuk mengolah makanan.

Jika diperkirakan mana yang lebih hemat, maka bergantung pada pemakaian kedua perlengkapan dapur tersebut.

Wadah yang Bisa Digunakan

Perbedaan oven dan microwave juga terletak pada wadah apa yang bisa digunakan dalam proses penggunaannya. Keduanya memang membutuhkan wadah tahan panas, namun tidak semua wadah yang bisa digunakan di microwave juga bisa digunakan di oven.

Wadah yang bisa digunakan dalam oven adalah loyang, keramik panas, dan aluminium foil.

Sedangkan microwave bisa menggunakan wadah dengan label microwave safe, baik yang terbuat dari kaca atau keramik hingga bahan plastik sekalipun.

Efek pada Tekstur Makanan:

- Oven: Oven sering menghasilkan makanan yang renyah atau berkulit karena panas yang merata dan pemanasan yang lambat.

- Microwave: Microwave dapat menyebabkan makanan menjadi lebih lembut atau sedikit kurang renyah, terutama pada makanan seperti roti atau kue.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: