Izroil , Malaikat Pencabut Nyawa

Izroil , Malaikat Pencabut Nyawa

JAKARTA,RADARPENA- Islam mengenal nama-nama Malaikat berikut tugas-tugasnya. Ada 10 Malaikat yang wajib di imani setiap orang yang mengaku Muslim dan orang beriman seperti yang diterangkan Allah dalam Al-quran dan hadist-hadist yang shahih. Ke-10 nama malaikat itu adalah  Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Ridwan, Malaikat isrofil, Malaikat Munkar , Malaikat Nankir, Malaikat Raqib dan Malaikat Atid.

Satu lagi Malaikat itu adalah bernama Malaikat Izroil. Tugas Izroil mencabut semua yang bernyawa.  Manusia, hewan,tumbuhan setan, Jin Iblis akan habis nyawanya. Hanya Allah  SWT, saja yang kekal dan  hidup selama-lamanya.

Tugas Malaikat Izroil untuk mencabut setiap yang bernyawa diterangkan Allah dalam FirmanNya surat As-Sajdah ayat 11. Berikut ayatnya

قُلْ يَتَوَفّٰىكُمْ مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ تُرْجَعُوْنَ

Katakanlah, “Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan.”

Setelah kita mengetahui tugas Malaikat Izroil yang juga dikenal dengan nama  Malaikat maut, selanjutnya bagaimana sosok atau rupa dari Malaikat yang dikenal tak pandang bulu ini. Serta seperti apa sikapnya saat mencabut nyawa orang beriman dan orang Kafir.

Dikutip dari jabar.kemenag.go.id . Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Anfal ayat 50 yang berbunyi

وَلَوْ تَرٰٓى اِذْ يَتَوَفَّى الَّذِيْنَ كَفَرُوا الْمَلٰۤىِٕكَةُ يَضْرِبُوْنَ وُجُوْهَهُمْ وَاَدْبَارَهُمْۚ وَذُوْقُوْا عَذَابَ الْحَرِيْقِ

Dan sekiranya kamu melihat ketika para malaikat mencabut nyawa orang-orang yang kafir sambil memukul wajah dan punggung mereka (dan berkata), “Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar.”

Cara Malaikat maut mencabut itu berbeda-beda, tergantung dari amal perbuatan yang dilakukan.  Bila orang yang akan meninggal itu durhaka kepada Allah, maka Malaikal maut mencabutnya dengan kasar. Tapi bila orang itu beriman kepada Allah dan beramal saleh, akan dicabut dengan lemah lembut dan hati-hati. Bagi yang durhaka Malaikat maut akan memperlihatkan sosok yang seram serta menakutkan, sedangkan bagi orang tidak demikian, melainkan seperti sosok yang tampan lagi rupawan.

Dahsyatnya sosok Malaikat Izroil ini, sampai-sampai ada yang bersyair, menggambarkan betapa ngeri dan ketakutannya jika Malaikat yang satu ini sudah datang. Berikut syairnya

Bila Izroil datang memanggil

Jasad terbujur dipembaringan

Bila Izroil datang memanggil

Jasad terbujur dipembaringan

Seluruh tubuh akan menggigil

Sekujur badan kan kedinginan

Seluruh tubuh akan menggigil

Sekujur badan kan kedinginan

Tak ada gunanya harta

Kawan karib sanak saudara

Tak ada gunanya harta

Kawan karib sanak saudara (iaa)***

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: