Gaji ASN Di 2024 Naik - Benar atau Tidak Ya ?

Gaji ASN Di 2024 Naik - Benar atau Tidak Ya  ?

JAKARTA, RADARPENA - Pemerintah memberikan sinyal kuat bahwa kenaikan gaji Pegawai Negara Sipil atau Aparatur Sipil Negara akan dilakukan tahun depan. Namun, besaran tunjangan kinerja bisa berbeda-beda.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas saat ditemui di DPR RI, Rabu (7/6/2023).

 

Anas mengatakan bahwa pihaknya mengusulkan Tunjangan Kinerja diseleksi lebih lanjut. Kenaikan, menurutnya, akan didasari dari kinerja individu.

" Jadi selama ini kan Tunjangan kinerja itu sama, kita berharap sih. Kita usul ada kenaikan gaji tetapi nanti diseleksi bagi mereka yang kerja tentu dapat yang banyak. Kita sedang exercise ini, " tegasnya.

Ia menambahkan pula jika usul tersebut tengah dibahas dengan Kementerian Keuangan. 

"Kita sedang hitung mumpung sekarang target prioritas Presiden terkait dengan SDM dan penyederhanaan birokrasi," ungkapnya.

Ditemui terpisah, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa ada wacana kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2024 mendatang. Namun, hal tersebut akan disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengumumkan pada saat penyampaian Rancangan Undang - Undang (RUU) APBN 2024 nanti.

 

"Bapak presiden nanti akan sampaikan RUU APBN 2024 ya pada tanggal 16 Agustus, salah satu yang sedang kita hitung secara serius detil adalah kenaikan gaji ASN, TNI, Polri dan Pensiunan, jadi supaya enak dan tegang terus (tunggu) tanggal 16 Agustus pak Presiden," kata Sri Mulyani, di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip Rabu (7/6/2023).

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menyebut kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2024 nanti akan masuk dalam skema reward.

"Ini akan kita masukkan di total reward dalam RPP (rancangan peraturan pemerintah) yang sedang kita siapkan, sehingga ini tidak parsial. Begitu juga terkait dengan dengan TPP (tambahan penghasilan pegawai) atau tukin (tunjangan kinerja)," jelasnya pada redaksi ( 14/7/2023 ). 

Anas menegaskan skema tersebut dipilih agar kenaikan gaji PNS tidak berdiri sendiri. Namun, ia mengatakan pihaknya masih menggodok secara serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: