Mengulik Keunggulan Dan Kekurangan Dari iPhone SE

Mengulik Keunggulan Dan Kekurangan Dari iPhone SE

Meskipun harganya terjangkau, Anda akan terkejut dengan performa iPhone SE 2020 yang mengesankan. Chipset Apple A13 Bionic yang digunakan mampu bersaing dengan ponsel terbaik di dunia. Berdasarkan hasil benchmark yang dilakukan oleh PCMag.com, performa chipset ini bahkan melebihi Samsung Galaxy S20 Ultra dan sebanding dengan iPhone 11 dan iPhone 11 Pro. Pada pengujian single core, iPhone SE mencapai skor 1332 sedangkan Samsung Galaxy S20 Ultra hanya mencapai skor 913. Ini merupakan fakta yang mengejutkan, Anda bisa mendapatkan ponsel kelas menengah dengan performa yang lebih baik daripada ponsel kelas atas.

3. Kualitas Kamera yang Baik

Salah satu keunggulan iPhone yang selalu mencuri perhatian adalah kamera yang berkualitas. iPhone dikenal karena kemampuan kameranya yang mampu menghasilkan foto yang bagus. Meskipun hanya memiliki satu kamera belakang, kemampuannya tetap patut diacungi jempol. Dengan resolusi 12 MP, kamera ini mampu merekam video 4K dengan stabil berkat fitur Optical Image Stabilizer. Selain itu, hasil foto dari ponsel ini hampir tidak ada bedanya dengan hasil foto dari iPhone 11. Menurut PCMag.com, gambar di atas adalah perbandingan hasil foto antara iPhone SE 2020 (kanan) dan iPhone 11 (kiri). Foto ini diambil dengan pengaturan standar. Selain itu, kamera depan dengan resolusi 7 MP juga mampu menghasilkan potret dengan efek bokeh. 

BACA JUGA:Keunggulan Dan Spesifikasi Dari Infinix Note 30 Pro

4. Mendukung Pengisian Nirkabel

Fitur pengisian daya nirkabel selalu menambah nilai sebuah ponsel. Konsumen ingin memiliki lebih banyak opsi untuk mengisi daya perangkat mereka. Salah satu fitur pengisian nirkabel yang biasanya hanya tersedia pada ponsel dengan harga di atas Rp 10 jutaan, tetapi iPhone SE 2020 juga dilengkapi dengan fitur ini.

5. Layar Retina yang Terang

Tidak ada yang namanya iPhone tanpa layar cerah dan berkualitas. iPhone SE 2020 dilengkapi dengan layar retina berjenis IPS LCD yang memberikan tampilan yang menyegarkan mata. Layar ini tetap terlihat dengan jelas di luar ruangan pada siang hari. Fitur True Tone memungkinkan warna layar disesuaikan secara otomatis dengan kondisi pencahayaan di sekitarnya.

Kekurangan iPhone SE 2 (2020)

1. Adaptor Fast Charging yang Perlu Biaya Tambahan

Kekurangan Iphone Se 2 Charger 14241. Dalam situs resminya, iPhone SE 2 punya baterai berkapasitas sama seperti iPhone 8 dengan daya tahan hingga 8 jam untuk streaming video dan 40 jam untuk memutar musik. Yang menarik, iPhone SE 2 juga telah mendukung wireless charging dan juga fast charging 18W yang mampu mengisi 50% baterai dalam 30 menit saja. Sayangnya, tentu kamu membutuhkan biaya ekstra untuk membeli adaptor fast charging 18W yang mana harganya berkisar Rp500-600 ribuan untuk produk original Apple. Lebih mahal dua kali lipat apabila dibanding adaptor QuickCharge 3.0 untuk Android yang rata-rata dibanderol Rp200-300 ribuan.

2. Lebih Pilih iPhone SE 2 atau iPhone 8?

Yang jadi pertanyaan, dengan kisaran harga Rp6-8 jutaan apakah iPhone SE 2 tergolong masuk ke dalam budget kamu? Misalnya jika kamu tidak terlalu membutuhkan spesifikasi kencang untuk bermain game, tampaknya seri iPhone 8 masih tergolong worth it untuk kamu miliki di 2020. Dengan harga saat ini berkisar Rp4-5 jutaan, kamu masih bisa menikmati desain iPhone klasik yang juga mendukung iOS 13 dan pembaruannya hingga 2022 atau bahkan lebih, lho.

BACA JUGA:Kelebihan Android 13 – Kecanggihan Sudah Jelas

3. Tidak Terdapat Fitur FaceID

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: