Tata Cara Sholat Istikharah Dilengkapi Dengan Niat Dan Bacaan Do'a

Tata Cara Sholat Istikharah Dilengkapi Dengan Niat Dan Bacaan Do'a

JAKARTA, RADARPENA -   Sholat Istikharah merupakan ibadah sunnah yang dapat dilaksanakan oleh umat muslim ketika sedang dihadapkan pada beberapa pilihan.

Sholat ini merupakan salah satu ajaran Rasulullah SAW agar kita diberikan pilihan terbaik dengan meminta petunjuk langsung dari Allah SWT.

Dilansir dari laman NU Online, Anjuran pelaksanaan Shalat Istikharah ini mengacu pada sebuah dalil sebagaimana dikutip Imam an-Nawawi dalam Al-Adzkar dari sebuah hadits riwayat Imam al-Bukhari, Jabir bin Abdillah berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا الاسْتِخَارَةَ فِي الأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ

Artinya:

"Rasulullah saw mengajari kami (para sahabat) untuk sholat istikharah ketika menghadapi setiap persoalan, sebagaimana beliau mengajari kami semua surat dari Al-Quran. Beliau bersabda, 'Jika kalian ingin melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat sunnah dua rakaat ..."' (HR Imam al-Bukhari). (An-Nawawi, al-Adzkar, 1997: 137)

BACA JUGA:Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Pada Anak Dengan Mudah

Sholat Istikharah dilaksanakan untuk meminta petunjuk berupa keputusan dari Allah atau memohon dipilihkan salah satu di antara dua perkara pilihan atau bisa lebih. 

Hukum mengerjakan sholat istikharah adalah sunnah. Sholat ini dilakukan untuk memberi pilihan yang terbaik di antara dua pilihan.

Orang biasanya melaksanakan salat Istikharah untuk memilih atau memutuskan pekerjaan, pasangan hidup, cita-cita, pendidikan, dan beberapa perkara lainnya.

Dengan salat Istikharah, hati kamu akan menjadi lebih mantap terhadap suatu hal yang akhirnya kamu yakini untuk kamu pilih. 

Meski boleh dikerjakan kapan saja, ternyata ada waktu terbaik untuk melakukan sholat Istikharah. Waktu terbaik untuk mengerjakan sholat Istikharah ialah pada saat malam hari atau sekurang-kurangnya setelah mengerjakan sholat Isya tetapi sebelum masuk sholat Subuh.

Tata Cara Sholat Istikharah 

Shalat istikharah dilakukan untuk memohon petunjuk pada Allah SWT. Sholat istikharah berjumlah dua rakaat seperti sholat Subuh. Tetapi hanya niatnya saja yang berlainan dan tidak memakai doa qunut. Sholat istikharah mustajab dilakukan pada sepertiga akhir malam. Berikut ini bacaan niat Sholat Istikaharah:

BACA JUGA:Mengulik Fakta Dan Sejarah Tahun Baru Islam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: