Keutamaan Puasa Muharram Dan Niat Dilengkapi Bacaan Arab, Latin Dan Artinya

Keutamaan Puasa Muharram Dan Niat Dilengkapi Bacaan Arab, Latin Dan Artinya

JAKARTA, RADARPENA -  Bulan Muharram adalah salah satu bulan suci yang dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa sunnah. Bagi seluruh umat muslim 1 Muharram menjadi momen yang sangat penting dan juga sangat dinantikan. 

Pasalnya, pada waktu tersebut terdapat peristiwa penting, yaitu hijrahnya Rasulullah SAW dari kota Mekah ke Madinah. 1 Muharram dikenal juga dengan tahun baru Islam atau tahun baru Hijriah. 

Dikutip dari laman Kemenag.go.id, tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah sendiri jatuh pada Rabu (19/7/2023). Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur dan Cuti Bersama 2023, Rabu (19/7/2023) adalah hari libur nasional dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1445 H.

BACA JUGA:Yuk Pelajari! Niat Puasa 1 Muharram, Lengkap dengan Tata Cara serta Keutamaannya

Sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriah, bulan Muharram memiliki banyak keutamaan, salah satunya puasa Muharram. Dikenal juga dengan nama puasa Assyura, puasa ini menjadi salah satu puasa sunah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Muharram termasuk ke dalam salah satu dari empat bulan haram atau bulan yang dimuliakan selain Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Bulan Muharram awalnya dikenal sebagai bulan suci dan dimuliakan oleh masyarakat Jahiliyah.

Pada bulan ini, masyarakat dilarang melakukan hal-hal yang tidak baik dan menyakiti orang lain, seperti peperangan dan bentuk perkelahian dan hal buruk lainnya. Saat bulan Muharram, Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat atas setiap amal yang dikerjakan seluruh umatnya, termasuk puasa sunnah.

Bahkan, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa Muharram adalah bulan terbaik untuk berpuasa selain Ramadhan. 

BACA JUGA:Mukjizat Nabi Yahya Harus Kita Ketahui

Berikut niat puasa muharram beserta artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ الْمُحَرَّمِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shaumal Muharrami lilâhi ta'âlâ.

Artinya, "Saya niat puasa Muharram karena Allah ta'âlâ."

Hukum Puasa 1 Muharram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: