Keutamaan Puasa Muharram Dan Niat Dilengkapi Bacaan Arab, Latin Dan Artinya

Keutamaan Puasa Muharram Dan Niat Dilengkapi Bacaan Arab, Latin Dan Artinya

Dasar puasa awal tahun Hijriah atau 1 Muharram didasarkan pada hadits tentang anjuran berpuasa dalam hari-hari Muharram, sebagaimana diriwayatkan:

مَنْ صَامَ يَوْمًا مِنَ الْمُحَرَّمِ فَلَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ ثَلَاثُونَ يَوْمًا. رواه الطبراني في المعجم الصغير. وفي الكبير: ثَلَاثُونَ حَسَنَةً.

Artinya: "orang yang berpuasa sehari dari bulan Muharram, maka dengan puasa per harinya ia mendapatkan (pahala puasa) 30 hari." (HR At-Thabarani dalam Al-Mu'jamus Saghir). Dalam Al-Mu'jamul Kabir terdapat redaksi, '30 kebaikan', (Lihat Sulaiman bin Ahmad At-Thabarani, Al-Mu'jamus Shaghir).

Setelah mengetahui keistimewaan serta hukum bulan Muharram, alangkah lebih baiknya juga untuk mengetahui keutamaan puasa Muharram agar menambah semangat dalam mengerjakan sunnah Rasulullah SAW. Beberapa di antaranya yakni:

BACA JUGA:Yuk Intip! 20 Kata - Kata Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2023 Penuh Harapan dan Doa

Menghapuskan Dosa

Puasa adalah salah satu amalan untuk menghapuskan dosa yang dilakukan di masa lalu hingga saat ini. Abu Qatadah ra meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda:

وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

Artinya: “Dan puasa hari Asyura, aku berharap kepada Alllah menjadi penghapus dosa selama setahun sebelumnya.”

Seperti Puasa Sebulan Penuh

Puasa sehari dalam bulan Muharram pahalanya sama dengan puasa 30 hari atau satu bulan penuh. Seperti dinyatakan dalam hadits berikut:

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, ia berkata: "Rasulullah SAW bersabda: Orang yang berpuasa pada hari Arafah maka menjadi pelebur dosa dua tahun, dan orang yang berpuasa sehari dari bulan Muharram maka baginya sebab puasa setiap sehari pahala 30 hari puasa (HR at-Thabrani dalam al-Mu'jamush Shaghir).

BACA JUGA:Baca Surat Al Insyirah Ayat 1-8 Lengkap Latin dan Artinya, Serta Keutamaan

Puasa Paling Utama Selain Ramadhan

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, ia berkata: "Rasulullah SAW bersabda: Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam." (HR Muslim).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: