Apa Itu Micellar Water ? Berikut Manfaat Dan Fungsinya

Apa Itu Micellar Water ? Berikut Manfaat Dan Fungsinya

JAKARTA, RADARPENA - Micellar water adalah produk pembersih wajah berbahan dasar air. Umumnya, di dalam produk ini juga terkandung gliserin dan molekul surfaktan (SLS) yang disebut dengan micelles. Penggunaan micellar water merupakan tahap pertama dalam proses double cleansing.

Fungsi utama micellar water adalah untuk mengangkat kotoran, debu, dan sisa make up yang menempel pada kulit wajah. Penggunaan produk ini akan membuat proses membersihkan wajah menjadi lebih maksimal karena mampu menjangkau hingga lapisan kulit yang lebih dalam

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari pemakaian micellar water:

  • Menghidrasi kulit wajah

Bagi Anda pemilik kulit kering, sepertinya perlu menambahkan micellar water dalam rangkaian skincare anda. Pasalnya, produk ini dapat membersihkan kulit wajah tanpa membuat kulit menjadi kering.

BACA JUGA:Micellar Water: Solusi Ajaib untuk Kulit Bersih dan Sehat

Hal ini berkat senyawa gliserin yang terbukti mampu menjaga kelembapan kulit dengan efektif. Bahan aktif surfaktan pada produk ini juga tergolong ringan dan tidak menyebabkan iritasi, sehingga menjadikannya pilihan tepat bagi anda yang memiliki kulit wajah kering

  • Menghilangkan komedo

Adanya komedo putih atau whitehead pada kulit wajah tentu dapat mengganggu penampilan. Untuk mencegah dan mengatasinya, Anda bisa secara rutin memakai micellar water. Produk ini mampu menganggat sel kulit mati yang terperangkap di dalam pori-pori dan tidak meninggalkan residu minyak setelah penggunaannya.

  • Mencegah jerawat

Selain menghilangkan komedo, rutin memakai micellar water juga dapat mencegah munculnya jerawat. Pasalnya, komedo yang tidak teratasi bisa terinfeksi dan meradang, sehingga dapat berkembang menjadi jerawat.

BACA JUGA:Infused Water: Meningkatkan Kesehatan dengan Minuman yang Menyegarkan

Meski penelitian terkait manfaat ini masih terbatas, namun beberapa riset telah mengungkapkan bahwa membersihkan wajah dengan produk yang ringan, seperti micellar water, dapat mencegah jerawat.

  • Mengurangi risiko iritasi kulit

Micellar water tergolong aman untuk Anda gunakan karena sebagian besar produk ini tidak mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit, seperti alkohol, paraben, sulfat, pewangi, dan pewarna.

Hal ini juga telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa micellar water dapat membersihkan dan melembapkan kulit, tanpa membuat kulit berisiko mengalami iritasi.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Manfaat Dari Bunga Telang Untuk Kecantikan Wajah

Selain untuk membersihkan wajah, micellar water juga bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan kuas make up.

Caranya, cukup rendam kuas pada wadah berisi micellar water selama beberapa menit. Sesekali putar-putar kuas untuk meluruhkan kotoran yang menempel. Setelah itu, keringkan dengan tisu atau handuk bersih.

Bila anda masih memiliki pertanyaan terkait micellar water atau ingin memastikan keamanan penggunaannya pada kulit anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.***(dms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: