Fakta Unik Ikan Arwana, Mahal dan Eksotis

Fakta Unik Ikan Arwana, Mahal dan Eksotis

JAKARTA, RADARPENA - Ikan Arwana merupakan bagian dari keluarga Osteoglossidae. Ikan ini sebenarnya masuk jenis ikan purba yang belum punah. Ikan ini punya banyak nama, yaitu mulai ikan siluk, kayangan, kalikasi, dan kelasa.

Hewan peliharan ini sangat populer karena bentuk tubuhnya yang dianggap menarik dan berbeda dari jenis ikan tawar lainnya.

Berikut adalah fakta menarik dari Ikan Arwana.

  • Dapat Bertahan di Wilayah yang mengandung sedikit oksigen.

Hal ini disebabkan karena dalam wilayah yang kadar oksigennya sedikit gerakan mangsa menjadi lebih lambat.

BACA JUGA:Mengenal Gabon Viper: Ular Mematikan yang Menakutkan di Hutan Gabon

  • Lebih suka memangsa serangga dan ikan kecil.

Arwana lebih suka memangsa hewan – hewan kecil seperti udang – udangan dan serangga kecil. Tetapi ada beberapa specimen yang suka memakan burung,kelelawar dan ular.

  • Arwana perlu mendapatkan perawatan khusus.

Karena bentuk tubuh yang memanjang maka diperlukan tempat khusus yang ukurannya panjang dan lebar. Suhu air dan makanan yang diberikan juga perlu mendapat perhatian khusus.

Umumnya arwana mendapatkan mangsa di permukaan air. Sehingga mereka dapt saja melompat untuk menangkap mangsa.

BACA JUGA:Harapan Hidup Kucing, Bisa Sampai 20 Tahun Lho!

  • Arwana betina dapat menghasilkan 30 butir telur

Tiap jenis arwana memiliki strategi reproduksi yang sedikit berbeda. Sebagian besar dari mereka menghasilkan jumlah telur yang relatif sedikit. Malah ada betina yang hanya mampu menghasilkan 30 butirtelur.

Untuk melindungi telur-telur mereka, biasanya arwana akan menempatkan telur di dalam mulut. Selain itu, ada beberapa ikan yang membutuhkan waktu lebih dari empat tahun untuk mencapai kematangan seksual mereka.

  • Jenis Arwana Asia adalah Ikan termahal di dunia.

Menurut National Geographic, jenis ikan arwana asli dari Benua Asia memiliki harga yang tinggi dan termahal di dunia. Sebab, mereka adalah ikan air tawar tropis dari Asia Tenggara yang tinggal di kedalaman tiga meter.

BACA JUGA:Fakta Kucing, Berapa Umur Maksimal Jika Dihitung di Tahun Manusia

Ikan Arwana Asia bisa dibanderol sampai US$300 ribu atau sekitar Rp42 juta (US$1 = Rp14,206). Harga jual yang tinggi pun dikarenakan jenis ikan arwana ini memiliki ciri-ciri kumis yang menonjol dari dagunya dan motif bergelombang di bagian tubuhnya yang menurut kepercayaan masyarakat di China merupakan salah satu hewan pembawa keberuntungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: