Fauna Oriental, Ciri dan Keunikannya

Fauna Oriental, Ciri dan Keunikannya

Wilayah oriental memiliki sekitar 30 keluarga mamalia dengan banyak mamalia besar. Banyak mamalia wilayah oriental yang merupakan hewan endemik dan tidak ditemukan di daerah lain. Contoh mamalia yang tinggal di wilayah oriental adalah: Owa, Tapir, Ratel, Luak, Badak, Gajah, Panda, Monyet, Harimau, Musang, Beruang, Gorila, Simpanse, Tenggiling, Orang utan, Kijang India, Macan tutul, Tupai terbang.

2. Ikan

 

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, wilayah oriental memiliki banyak spesies ikan air tawar dan air laut. Contoh ikan yang hidup di wilayah oriental adalah: Lele, Belut, Gurami, Mujair, Ikan emas, Ikan wader, Ikan baung, Ikan pesut.

3. Burung

 

Wilayah oriental juga memiliki banyak burung yang dapat berkicau, namun jarang ada yang berwarna mencolok. Dilansir dari Biohavoc, ada 66 famili burung di wilayah oriental dan 53 di antaranya tersebar luas. Contoh burung yang hidup di wilayah oriental adalah: Elang Gagak, Bulbul Merak, Maleo, Merpati, Osprey Kakaktua, Kingfisher, Ayam hutan, Burung anis, Burung nuri, Elang bondol, Burung kuntul, Burung pelatuk, Rangkong besar.

4. Reptil dan amfibi

 

Wilayah oriental ditinggali oleh banyak spesies reptil dan amfibi, namun yang paling melimpah adalah kodok dan katak. Contoh amfibi lain yang hidup di wilayah oriental adalah: Kobra, Piton, Kadal, Tokek, Biawak, Bunglon, Buaya gavial, Kura-kura darat, Penyu air tawar.

5. Invertebrata

 

Selain vertebrata yang disebutkan di atas, wilayah oriental juga dihuni banyak fauna invertebrata misalnya: Kutu, Gurita, Tungau, Laba-laba, Kupu-kupu, Cumi-cumi dan Kalajengking.***(dms)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: