Kenali Apa Itu Anopheles, Serta Cara Mencegah Penyakit Anopheles

Kenali Apa Itu Anopheles, Serta Cara Mencegah Penyakit Anopheles

JAKARTA, RADARPENA - Di media sosial tengah heboh dengan berita duka dari anggota Prajurit TNI yang bertugas di wilayah Papua.

Divisi Infanteri 3 Kostrad berkabung satu prajuritnya yaitu Pratu (Anumerta) Muhammad Ardiansyah Taena meninggal dunia karena sakit malaria saat sedang melaksanakan Satgas Pamtas Mobile Wilayah Papua Tahun Angkatan 2023.

Diketahui bahwa Prajurit TNI Almarhum Pratu Muhammad Ardiansyah Taena meninggal dunia dikarenakan digigit nyamuk anopheles.

Dilansir dari laman Heatlhline, nyamuk Anopheles yang terinfeksi membawa sejenis parasit bernama Plasmodium. Ketika tergigit oleh nyamuk tersebut, parasit dilepaskan ke aliran darah.

BACA JUGA:DEMAM BERDARAH: PENYAKIT SERIUS YANG MEMBUTUHKAN PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN SEGERA

Nyamuk Anopheles betina biasanya menghisap darah sebagai sumber protein untuk perkembangan telur, nyamuk jenis ini dilengkapi dengan beberapa organ khusus yang bisa mendeteksi keberadaan manusia dari bau tubuh serta panas yang dihasilkan.

Biasanya Anopheles betina mengkonsumsi darah untuk memproduksi telur. Penyakit malaria disebabkan dari parasit yang memiliki nama plasmodium yang tumbuh dan berkembang biak di tubuh nyamuk Anopheles betina.

Biasanya orang yang terkena penyakit malaria mengalami sakit kepala, demam tinggi, menggigil, dan flu.

BACA JUGA:Mengenal Diabetes, Ibu Dari Berbagai Penyakit

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, cara mencegah penyakit malaria :

1. Gunakan pakaian yang menutup tubuh

Cara mencegah penyakit malaria ini, kamu bisa menggunakan pakaian yang tertutup untuk menghindari gigitan nyamuk.

Karnea nyamuk lebih cenderung melihat warna yang gelap daripada warna yang terang, gunakanlah pakaian yang menutupi tubuh seperti celana panjang dan baju panjang.

BACA JUGA:Kenali Penyebab Serta Gejala Penyakit Cacar dan Cara Mencegahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: