Ini dia Nama Nabi dan Rosul yang Mendapat Gelar Ulul Azmi

Ini dia Nama Nabi dan Rosul yang Mendapat Gelar Ulul Azmi

JAKARTA, RADAPENA - Dalam ajaran Islam Nabi dan Rosul adalah pesuruh Allah yang diberi tugas untuk  menyampaikan ajaranNya kepada ummat-ummatnya. Jumlah Nabi dan Rosul yang wajib diimani ummat Islam se-Dunia berjumlah 25 orang. Dari ke-25 Nabi dan Rosul itu ada 5 (lima) yang diberi gelar Ulul Azmi.

Gelar ulul Azmi merupakan gelar khusus yang dberikan kepada Nabi dan Rosul pilihan Allah, karena keistimewaan-keistimewaan yang mereka miliki. Keistimewaan bisa berupa keteguhan hatinya dalam menyampaikan risalah Allah kepada kaumnya. Bisa juga karena mereka menerima Kitab yang berisikan firman-firman Allah berupa petunjuk , perintah dan larangan.

Para Nabi dan Rosul ini menerima wahyu dari Allah melalui Malaikat Jibril yang tugasnya adalah menyampaikan wahyuNya kepada hamba pilihanNya yakni Nabi dan Rosul itu.

Malaikat Jibril merupakan rajanya Malaikat. Malaikat ini memang mendapat tugas sebagai penyampai wahyu kepada Nabi dan Rosul pilihanNya.

BACA JUGA:Doa Nabi Yunus AS, Terbebas Dari Perut Ikan Paus

Penegasan Allah tentang Nabi dan Rosul terdapat dalam Al-Qur’an Surah Al-Ahqaf ayat 35 dan Surat Asy Syura ayat 35. Surah Al-Ahqaf ayat 35 artinya Maka bersabarlah engkau (Muhammad) sebagaimana kesabaran rasul-rasul yang memiliki keteguhan hati dan janganlah engkau meminta agar azab disegerakan untuk  mereka. Pada hari mereka melihat azab yang dijanjikan, mereka merasa seolah-olah mereka tinggal (di dunia) hanya sesaat pada siang hari.

Selanjutnya dalam Surah Asy-Syura ayat 13 yang artinya : Diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu tegakkanlah agama (keimanan dan ketaqwaan) dan janganlah kamu berpecah belah.

Berikut Nama-nama Lima (5) Nabi dan Rosul Allah yang mendapat gelar Ulul Azmi atau Nabi dan Rosul yang Luarbiasa istimewa.

BACA JUGA:Nabi Muhammad SAW, Rasul Terakhir Utusan Allah

1.    Nabi Nuh Alaihisallam

Nabi Nuh Alaihisallam mendapat julukan Ulul Azmi karena keteguhan hatinya dalam mendakwahkan Allah ketengah-ketengah kaumnya. Diriwayatkan Nabi Nuh mendakwahi ummatnya selama kurang lebih 950 tahun. Selama mendakwah itu, Nabi Nuh hanya mendapatkan pengikut 83 orang saja. 

Bahkan Anak dan istri Nabi Nuh, tetap kafir dan enggan menerima Dakwah ayahnya. sampai akhir Allah menenggelamkan ummat Nabi Nuh termasuk anak dan istrinya. hanya segelitir saja yang selamat karena berhasil memasuki bahtera Nabi Nuh termasuk beberapa ekor hewan-hewan. Kisah Nabi Nuh ini sangat luar biasa, hingga sekarang menjadi kisah yang penuh tauladan bagi ummat akhir zaman

2.    Nabi Ibrahim Alaihisallam

Nabi Ibrahim mendapat julukan dan gelar Ulul Azmi karena keteguhan dan kesabaran serta keimanannya saat menghadapi kezoliman Raja Namruz yang kejam. Bahkan Nabi Ibrahim karena perintah Namruz hendak dibakar hidup-hidup. Tetapi karena pertolongan Allah , Nabi Ibrahim bisa selamat dari kobaran api yang menyala karena Allah menundukkan api agar menjadi dingin

BACA JUGA:6 Tips Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW, Simak Penjelasannya

Kesabaran dan keteguhan serta keimanan Nabi Ibrahim juga terbukti saat, Allah perintahkan untuk  menyembelih anaknya sendiri Nabi Ismail. Selanjutnya Allah mengganti Nabi Ismail dengan seekor Domba.

3.    Nabi Musa Alaihisallam

Nabi Musa Alaihisallam  juga termasuk sebagai Nabi dan Rosul Allah yang diberi gelar Ulul Azmi karena kesabarannya menghadapi Kaumnya yang dikenal sebagai Kaum Bani Israil. Kaum tersebut dikenal sebagai kaum yang suka membangkang dari aturan Allah Subhanallahhuwatala. Kesabaran dan keteguhan Nabi Musa juga karena beliau menghadapi Raja Fir’aun yang mengaku dirinya sebagai Tuhan.

Allah kemudian menenggelamkan Raja Fir’aun beserta bala tentaranya ke dalam laut sebagai balasan kedurkahakaannya kepada Allah SWT. Nabi Musa Alaihisallam juga sebagai Nabi yang menerima Kita dari Allah dengan nama Kita Taurat.

BACA JUGA:Doa Nabi Yunus AS, Terbebas Dari Perut Ikan Paus

4.    Nabi Isa Alaihisallam

Nabi Isa Alaihisallam juga mendapat julukan sebagai Ulul Azmi karena karena sabar dan teguh menghadapi kaumnya Bani israil. Ia juga sabar dan tabah karena dituduh sebagai penista kaum yahudi yang sama sekali tidak , ia lakukan. Hingga ada muridnya yang berkhianat dan akan dibunuh oleh Bangsa Romawi. Nabi Isa juga mendapat kitab dari Allah yang diberi nama kita Injil. Nabi Isa juga memperoleh mukzizat dari Allah yang bisa menghidupkan orang mati.

5.    Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW adalah Nabi dan Rosul terakhir pilihan Allah. beliau merupakan penutup dari semua Nabi yang telah Allah utus. Nabi Muhammad dijuluki sebagai Ulul Azmi karena terdapat banyak sekali Mukzizat atau kelebihan yang hanya dimiliki oleh seorang Nabi atau Rosul. mukzizat Nabi Muhammad SAW  yang terbesar, yakni diturunkannya Al-Quran kepadanya sebagai kita Suci Ummat islam. Al-Quran memiliki 114 surah dan tersusun menjadi 30 Juz. Alquran yang akan selalu terjaga keaslian  kemurniaannya sampai akhir zaman, karena Allah berjanji akan menjaga kesuciannya (iia)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: