Mengenal Ripple dan XRP, Inovasi dan Kontroversi

Mengenal Ripple dan XRP, Inovasi dan Kontroversi

JAKARTA, RADARPENA - Pengiriman uang lintas negara terkadang cukup merepotkan. Selain memakan waktu yang lama, pengiriman uang secara konvensional menghabiskan biaya yang cukup mahal.

Adalah blockchain, sebuah teknologi yang hadir menrevolusi transaksi antar negara. Salah satu inovasi terbaru yang mengatasi masalah ini adalah Ripple. Hadir dengan teknologi yang meningkatkan efisiensi pengiriman uang internasional berlipat-lipat.

Mari kita lihat bagaimana Ripple dengan menggunakan blockchain mengatasi "birokarasi" transaksi internasional.

Pengertian Ripple

Munculnya cryptocurrency seperti bitcoin dan lain-lain, adalah sebuah awal dikembangkannya teknologi berbasis blockchain, Ripple adalah salah satunya.

BACA JUGA:Shiba Inu Coin: Fenomena Terbaru dalam Dunia Cryptocurrency

Ripple adalah sebuah protokol pembayaran dan jaringan peer-to-peer yang dirancang untuk memfasilitasi transfer uang secara cepat, aman, dan murah.

Ripple diciptakan oleh perusahaan Ripple Labs, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika Serikat yang mengembangkan infrastruktur blockchain Ripple pada tahun 2012.

Ripple berfungsi sebagai platform pembayaran lintas perbatasan yang menghubungkan bank, penyedia pembayaran, dan pertukaran aset digital. Tujuan utama Ripple adalah memfasilitasi pembayaran global dengan biaya rendah dan waktu penyelesaian yang cepat.

BACA JUGA:Update Daftar Harga iPhone 8 28 Juni 2023

Ripple menggunakan teknologi blockchain, tetapi dengan pendekatan yang sedikit berbeda dari cryptocurrency seperti Bitcoin.

Ripple tidak menggunakan mekanisme konsensus Proof-of-Work (PoW) seperti yang digunakan oleh Bitcoin. Sebaliknya, Ripple menggunakan protokol konsensus khusus yang disebut Ripple Protocol Consensus Algorithm (RPCA).

RPCA memungkinkan transaksi Ripple diverifikasi dengan cepat dan efisien, memungkinkan jaringan Ripple menangani volume transaksi yang tinggi dengan biaya yang relatif rendah.

Dalam memfasilitasi transaksi tersebut, Ripple menerbitkan XRP. XRP dapat digunakan sebagai mata uang yang dapat ditukar dengan cepat dan digunakan untuk memfasilitasi transfer nilai di dalam jaringan Ripple.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: