Wedang Jahe Minuman Tradisional Berkhasiat Obat

Wedang Jahe Minuman Tradisional Berkhasiat Obat

JAKARTA, RADARPENA- Wedang jahe merupakan minuman tradisional khas dari Kepulauan Nusantara. Hampir seluruh suku Bangsa Kepulauan Nusantara di Indonesia mengenal jenis minuman ini. Cara membuatnya juga sangat mudah dan bahan-bahannya pun mudah didapat. Minuman ini bermacam-macam namanya.

Ada yang menyebutnya wedang jahe, air serobat, air jahe tergantung dimana daerahnya di Nusantara ini. Beberapa tempat di Sumatera contohnya di Bengkulu air jahe atau air serobat atau wedang jahe sering disajikan sebagai minuman untuk  masyarakat yang sedang mengikuti tabligh musibah saat ada warga yang meninggal dunia.  Air Jahe atau serobat ini, biasa dicampur susu atau krim. Tujuannya tidak lain agar rasanya lebih nikmat sekaligus mengurangi rasa pedas yang disebabkan campuran jahe terlalu banyak.

Mungkin penyajian minuman ini, karena khasiat wedang jahe bisa mencegah masuk angin. Biasanya Takziah digelar malam hari di halaman rumah yang diberada di dalam tenda terbuka. Peluang terkena angin malam cukup besar, sehingga dicegah dengan minuman air serobat atau wedang jahe ini.

BACA JUGA:Manfaat Daun Pepaya Yang Membuat Tubuh Menjadi Sehat, Yuk Simak!

Di bagian Daerah lain di Nusantara, Wedang jahe juga dijadikan campuran untuk minuman kembang tahu. Kembang Tahu adalah sisa dari pembuatan tahu yang memang bukan untuk  dibuat tahu seperti kebutuhan dapur melainkan sengaja untuk  dijadikan kuliner yang bernama kembang tahu. Agar terasa lebih nikmat , kembang tahu biasanya dicampur dengan wedang jahe. Kembang tahu digemari semua lapisan masyarakat. Anak-anak terutama menyukai minuman Kembang Tahu

Wedang jahe disukai semua lapisan masyarat. Tua-muda orang kaya, orang miskin masyarakat berada, Pejabat maupun orang biasa menggemari minuman ini. Mungkin karena rasanya yang manis serta agak sedikit pedas karena ada jahe didalamnya yang membuat masyarakat suka. Selain itu khasiatnya juga mampu mencegah berbagai macam penyakit seperti masuk angin, perut kembung, flu, meredakan nyeri, mencegah mual, mencegah berbagai penyakit berbahaya dan masih banyak lagi.

Berikut  cara membuat Wedang Jahe >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Obat Radang Tenggorokan Untuk Dewasa Tanpa Resep Dokter

Bahan-bahan

-Jahe ¼ Kilogram

-Gula Merah 100 Gram

-Susu (Jika suka)

Cara mengolahnya

Pertama sekali jahe dicuci bersih kemudian dikikis kulitnya. Selanjutnya Jahe ditumbuk kasar. Siapkan air dalam wajan sebanyak 2 liter. Setelah itu air direbus diatas kompor. Setelah hampir mendidih masukkan jahe yang telah ditumbuk. Kemudian rebus lagi sampai air matang dan rebusan mulai berbau harum (bau Jahe). barulah setelah itu masukkan gula merah untuk  memunculkan rasa manis. Boleh ditambah susu atau krim secukupnya (jika suka). Wedang jahe siap disajikan hangat-hangat. (iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: