Daftar 10 Universitas Terbaik Yang Ada Di Indonesia

Daftar 10 Universitas Terbaik Yang Ada Di Indonesia

JAKARTA, RADARPENA - Banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih universitas. Tak hanya dari segi biaya dan lokasi, melainkan juga kualitas dari universitas.

Di setiap tahunya ada yang namanya lembaga pemeringkatan universitas dunia. Mereka membuat daftar terkait universitas-universitas terbaik di seluruh negara, termasuk Indonesia.

Pemeringkatan universitas itu tidak dibuat secara asal, melainkan menggunakan sejumlah indikator-indikator tertentu.

Ada yang namanya Indikator Pemeringkatan QS AUR 2023 salah satu lembaga pemeringkatan internasional yang lumayan populer ialah Quacquarelli Symonds.

BACA JUGA:Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Studi Banding PPID ke Kota Bekasi

Melalui daftar pemeringkatan QS Asia University Ranking (QS AUR) 2023, mereka menggunakan sebelas indikator untuk menyusun perankingan Universitas.

Sebelas indikator itu ialah reputasi akademik (30 persen), reputasi employer (20 persen), faculty/student ratio (10 persen), jejaring riset internasional (10 persen), citation per paper (10 persen), papers per faculty (5 persen), dan staf dengan gelar PhD (5 persen).

Indikator Pemeringkatan THE WUR 2023 Lembaga pemeringkatan lainnya ialah Times Higher Education.

BACA JUGA:Deretan Artis Terkaya di Indonesia, Sultan Andara Peringkat Kedua

Melalui Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2023, universitas-universitas terbaik diurutkan dengan mengacu kepada tiga belas indikator yang dikelompokkan ke dalam lima bidang.

1. Teaching (Lingkungan Belajar)

Poin dari bidang teaching terdiri dari indikator survei reputasi dengan bobot 15%, rasio staf dibanding siswa 4,5%, rasio gelar doktor banding sarjana 2,25%, rasio gelar doktor yang diberikan kepada staf akademik 6%, juga pendapatan institusional 2,25%.

2. Research (Volume, Income, dan Reputasi)

Indikator dari bidang kedua terdiri dari survei reputasi dengan bobot 18%, research income 6%, dan produktivitas aset 6%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: