Tips Ini Sangat Efektif Membantu Untuk Kamu Yang Ingin Berhenti Merokok

Tips Ini Sangat Efektif Membantu Untuk Kamu Yang Ingin Berhenti Merokok

Stress merupakan salah satu penyebab seseorang untuk merokok. Jika memang stres tidak bisa dihindari, lakukan hal yang membuat Anda rileks selain dengan cara merokok seperti yoga, pijat atau mungkin mendengarkan musik dengan genre yang Anda suka.

BACA JUGA:Intip! Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan, Salah Satunya Baik Untuk Ibu Hamil

Minum Dengan Sedotan

Meminum minuman segar dengan menggunakan sedotan ternyata bisa membantu Anda untuk berhenti merokok. Menyeruput minuman dengan sedotan membuat tubuh Anda melepaskan hormon dopamin yang dapat meningkatkan suasana hati.

Ini adalah cara tepat bagi Anda yang terbiasa merokok sambil minum. Anda bisa kombinasikan cara ini dengan dampingan camilan sehat agar membuat Anda berhenti merokok.

Olahraga

Dengan melakukan olahraga dapat membantu untuk mengurangi hasrat Anda terhadap nikotin. Ketika hasrat untuk merokok Anda datang, lakukan olahraga seperti jalan kaki, berenang atau lari. Bergaul dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup sehat juga sangat membantu Anda agar bisa berhenti merokok.

BACA JUGA:Mengulik Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Serta Kandungan Gizi

Melakukan NRT (Nicotine-Replacement Therapy)

NRT atau terapi penggantian nikotin bisa Anda lakukan sebagai cara untuk berhenti merokok. Umumnya ketika seseorang berhenti untuk mengonsumsi nikotin akan membuatnya frustasi. Dengan terapi penggantian nikotin ini membantu untuk meringankan beban frustasi yan Anda derita.

Cara kerja NRT ini yaitu dengan melepaskan nikotin dalam kadar rendah secara terus-menerus ke dalam pembuluh darah. Akan tetapi unsur nikotin yang digunakan berbeda, dengan tidak mengandung karbon monoksida, bahan kimia berbahaya dan tar di dalamnya.

Jadikan Proses Belajar

Kekambuhan adalah hal yang normal terjadi. Itu sebabnya berhenti merokok secara permanen sangatlah susah. Karena kekambuhan sangat umum, Jonathan Bricker, profesor di divisi ilmu kesehatan masyarakat di Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson di Universitas Washington di Seattle meminta pasiennya untuk menemukan pelajaran yang dapat mereka ambil dari setiap pengalaman kambuh.

"Kebanyakan orang yang merokok berhenti delapan sampai 12 kali, karena kecanduan rokok, sebelum mereka berhasil berhenti untuk selamanya."

"Orang-orang akan mengatakan hal-hal seperti, 'Saya belajar betapa kuatnya hasrat ini, atau saya belajar bagaimana melihat teman saya merokok adalah pemicu besar bagi saya, atau saya belajar bahwa stres dalam hidup saya adalah pemicu besar,'" kata Bricker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: